Manfaat Yoga Untuk Anak

Apakah Anda tahu seperti layaknya orang dewasa anak-anak pun mengalami stress? Yoga untuk anak-anak adalah hal yang bagus sekali untuk membantu mereka lebih mengenali tubuhnya sendiri dan bisa mengontrolnya. Anak-anak yang hiperaktif telah merasakan keuntungan dengan melakukan yoga yakni kehiperaktifan mereka menurun. Beberapa anak yang mudah gelisah dan tidak bisa focus dalam segala hal, melakukan yoga bisa meningkatkan dan membantu mereka. Anak-anak berkelakuan sesuka hati dan yoga membantu mengarahkan dengan efektif.

 

Ada banyak postur atau gerakan yoga yang bermanfaat buat anak-anak tetapi gerakan prajurit (warrior pose) dan gaya pohon (tree pose) sangat baik untuk anak-anak. Melakukan kedua gerakan ini membantu anak-anak lebih tenang, membangun kepercayaan diri dan menjaga keseimbangan.  Ambil contohnya gerakan prajurit (warrior pose). Anak-anak belajar semangat kebersamaan dan kepercayaan ketika mereka belajar yoga dengan anak lain. Kebanyakan anak-anak tidak bisa menjaga mata tetap tertutup dan focus dengan gerakan mereka. Setelah sesi yoga, anak-anak harus didorong untuk mengungkapkan pengalaman mereka dengan anggota lain. Hal ini sangat penting bahwa semua anak diajarkan yoga mendidik mereka menyatukan badan pikiran dan semangat.

Bagi anak hidup pun ada stress nya, sama seperti orang dewasa. PR, kegiatan ekstrakulikuler, pertemanan bisa bikin stress.

 

Jadi apa manfaat yoga bagi anak-anak?

 

Yoga bisa membuat anak Anda bisa mengontrol diri mereka sendiri dan juga membantu mereka menghadapi masalah mereka dan lebih santai.  Jika Anda memiliki anak hiper aktif, dengan latihan yoga bisa mengubah mereka kearah yang positif. Gerakan pohon (tree pose) dan prajurit (warrior pose) berguna untuk menenangkan anak hiper aktif.

Ada juga beberapa kasus dimana anak kesulitan tidur. Anak yang kekurangan tidur memiliki gangguan emosi dan lebih mudah mengalami stress. Yoga bisa membantu anak ini untuk bisa tidur lebih baik dan bukan hanya itu tapi juga meningkatkan kualitas tidur mereka.

Itulah beberapa manfaat yoga untuk anak. Yoga juga bisa meningkatkan kualitas hidup dan membantu mereka untuk lebih bisa mengontrol diri sendiri dan jadi lebih sehat.

Anak-anak juga bisa menikmati manfaat yoga dengan cara yang menyenangkan untuk mengembangkan ketrampilan dalam lingkungan non-kompetitif. Walaupun anak-anak memiliki berat badan seimbang, mereka tetap bisa berlatih yoga untuk mendapatkan fleksibilitas dan daya tahan serta menjadi lebih kuat.

Anak-anak bisa belajar cara nafas saat yoga untuk membantu mereka lebih santai dan tenang kapanpun mereka marah saat bermain. Usia remaja bisa belajar yoga untuk melatih konsentrasi saat ujian.

Yoga untuk anak juga bisa menguatkan system kekebalan tubuh dan meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh. Secara keseluruhan, melibatkan anak-anak Anda dengan yoga memberi mereka gaya hidup yang sehat dan mereka menikmatinya dalam waktu yang bersamaan.