Manfaat Tes Kadar Hemoglobin Pada Trimester 2

Masa kehamilan merupakan masa yang paling rentan bagi ibu hamil untuk mengalami penyakit kekurangan darah atau yang lazim disebut anemia. Hal ini ada kaitannya dengan berkurangnya kadar hemoglobin dalam darah yang berfungsi untuk menghasilkan darah merah dan menyalurkan nutrisi yang diperlukan tubuh ke seluruh tubuh.  Mengapa kadar hemoglobin turun dan apa manfaat tes kadar hemoglobin pada kehamilan trimester 2? Ketika hamil cairan dalam tubuh akan terus meningkat, akan tetapi peningakatan ini tidak diiringi peningkatan yang sama dengan massa dari sel darah merah. Ini mengakibatkan pengenceran darah sehingga kadar dari hemoglobin mengalami penurunan. Inilah yang menjadi penyebab utama anemia. Anemia ini bisa menjadi masalah besar bagi ibu hamil karena bisa mengakibatkan keguguran bahkan hingga kematian si janin yang ada di dalam kandungan.

Adapun manfaat tes kadar hemoglobin pada trimester 2 adalah untuk mengetahui  jumlah sel darah merah atau hemoglobin pada ibu hamil. Sel darah merah ini mengandung  zat besi  yang berperan dalam  pembentukan janin, pembentukan plasenta, dan perkembangan otak janin. Pada saat melahirkan ibu dan janin membutuhkan sel darah merah dan zat besi dalam jumlah banyak karena saat itu jumlah darah yang dikeluarkan juga sangat banyak. Jika kadar hemoglobin melemah dan produksi semakin menurun maka ibu akan mengalami kelelahan dan kemungkinan akan berisiko pada proses melahirkan. Jika dilihat dari faktor penyebab semakin meningkatkan permasalahan kadar hemoglobin ini, maka ada banyak sekali jenisnya. Beberapa contoh faktor tersebut diantaranya adalah kurangnya asupan gizi, faktor ekonomi dan sosial dari si ibu yang menyebabkan minimnya tingkat kemampuan dan kesadaran untuk menjaga pola gizi mereka, adanya penyakit kronis dalam tubuh ibu, usia ibu ketika hamil, dan lain sebagainya.

Bagi suatu kehamilan, pola makan dan keadaan ibu sangat penting. Tidak sedikit keguguran terjadi akibat kurang gizi, terlebih jika di masa hamil ibu sama sekali tidak memperhatikan makanan yang mereka makan.  Kemudian adanya penyakit kronis.  Ada berbagai macam penyakit kronis yang terjadi pada setiap orang. Bagi mereka yang sedang hamil dan menderita penyakit kronis, masalah berkurangnya kadar hemoglobin ini sangat rentan terjadi. Inilah mengapa perlu adanya kontrol secara berkala bagi ibu yang memiliki sejarah penyakit kronis tertentu untuk memastikan apakah memungkinkan bagi mereka untuk hamil atau tidak. Dengan menyadari manfaat tes kadar  hemoglobin pada trimester 2 dan dampak buruk yang ditimbulkannya,  diharapkan para ibu hamil lebih bisa menjaga kondisi kehamilan mereka, agar proses kehamilan bisa berjalan dengan lancar,  aman dan sehat.