Manfaat Olahraga dan Kebugaran Jasmani pada Anak

Olahraga dan kebugaran jasmani ternyata banyak membawa manfaat bagi anak-anak. Manfaat olahraga dan kebugaran jasmani pada anak tersebut, diantaranya dalam hal mengurangi risiko berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan diabetes. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa obesitas pada anak-anak meningkatkan risiko penyakit degeneratif, seperti jantung, stroke, dan diabetes, serta infeksi dan resiko kanker pada usia yang lebih muda. Dengan olahraga, anak akan menjadi bugar. Olahraga juga mendukung pertumbuhan anak. Selain itu,olahraga merangsang tubuh untuk mengaktifkan hormon pertumbuhan dan mendukung perkembangan fungsional semua panca indra.

Pada saat berolahraga, anak-anak biasanya dilatih berbagai hal, misalnya bagaimana memahami perintah, tentang aturan main, bagaimana bekerja sama, mencari solusi, dan  bagaimana mencapai tujuan.

Dalam mendukung perkembangan sosial anak, olahraga mendorong anak untuk memiliki watak sosial. Dalam olahraga, anak-anak dapat memahami adanya perbedaan, persaingan, persahabatan, kemenangan, atau kekalahan. Tak hanya itu, anak bisa belajar menyikapi semua hal yang terjadi pada dirinya dengan berolahraga.  Olahraga juga mendukung kecerdasan anak karena merangsang koordinasi kerja otak menjadi semakin baik, dengan demikian mendukung daya belajar anak. Manfaat lainnya adalah membuat anak memiliki rasa percaya diri yang baik sekaligus mendukung keterampilan sosialnya untuk menjadi lebih baik. Olahraga juga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memberikan oksigen ke semua sel, selain menstimulasi perkembangan keterampilan motorik kasar dan halus pada anak.

Manfaat olahraga dan kebugaran jasmani pada anak lainnya juga terkait dengan kardiorespirasi (CR) daya tahan, artinya menstimulasi tubuh untuk melakukan efisiensi dalam memberi oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk aktivitas otot dan transportasi produk limbah dari sel-sel. Selain itu, seperti yang sudah ditekankan dalam artikel ini sejak awal, olahraga bermanfaat untuk mendukung komponen kebugaran tubuh dan daya tahan otot. Manfaat  olahraga dan kebugaran jasmani pada anak juga mendukung fleksibilitas, yaitu kemampuan untuk memindahkan sendi atau kelompok sendi lewat rentang sendi dan seluruh gerak normal. Manfaat lainnya, olahraga pada anak-anak akan mendukung komposisi tubuh, yaitu prosentase lemak tubuh dibandingkan dengan massa tubuh total. Lemak berlebih dalam tubuh akan mengganggu kinerja kerja tubuh, dan mempengaruhi kesehatan dan komponen kebugaran dalam tubuh.