Manfaat Kandungan Gizi Dalam Kacang Merah

Seperti apakah Kandungan Gizi Dalam Kacang Merah? Kacang merah, kebanyakan dari kita pernah mengkonsumsinya; misalnya jika anda makan gudeg Jogja atau sop kacang merah.  Jika anda penggemar kacang-kacangan, maka kacang merah sudah pasti masuk ke dalam daftar makanan harian anda. Kacang merah mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun hypermarket.  Secara umum, kacang-kacangan memiliki manfaat sebagai antioksidan yang tinggi begitu juga dengan kacang merah; kandungan gizi di dalamnya sangatlah tinggi. Selain itu, kacang merah juga menghasilkan protein yang sama baiknya dengan protein yang berasal dari daging.

Manfaat Kandungan Gizi Dalam Kacang Merah bagi Bayi

Gizi yang dikandung dalam kacang merah sangatlah dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi sebagai macam makanan bernutrisi bagi bayi. Karena bayi membutuhkan makanan yang bernutrisi tinggi dan di sesuaikan dengan tahap perkembangannya. Dalam semangkuk kacang merah selain menghasilkan protein, ia juga menghasilkan karbohidrat kompleks dan berserat tinggi. Hal ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan kacang merah ini juga bagus bagi penderita diabetes karena kadar glukosa didalamnya termasuk rendah. Bukan hanya itu saja vitamin dan mineral dalam kacang tanah ini juga termasuk lengkap karena mengandung unsur zat besi, magnesium, potassium atau kalium dan mineral lainnya yang dibutuhkan dalam tubuh. Untuk seorang bayi hal ini sangat di butuhkan karena bisa membuatnya berkembang dan memenuhi standar kesehatan dan mengurangi resiko terserang penyakit, selain itu juga menghasilkan potassium untuk perbaikan sel-sel otot, dan juga memiliki fungsi dalam pembentukan fisiologis lainnya. Dan merupakan fungsi pengendali jantung.

Kandungan Gizi Dalam Kacang Merah Dan Penyajiannya

Jika kandungan gizi dalam kacang merah begitu tinggi, lalu bagaimana dengan penyajiannya? Yang terpenting dalam penyajian, terutama untuk bayi, haruslah bertekstur lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Oleh karena itu kacang merah untuk digunakan sebagai resep diet untuk bayi biasanya direbus sampai lembut atau dibuat bubur kacang merah untuk di sajikan. Dengan kandungan mineral dan vitamin yang dimilikinya rasanya kacang merah ini cocok untuk perkembangan kognitif untuk bayi dan perkembangan otot juga untuk kesehatan jantungnya, selain itu kacang merah ini juga berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Hal yang sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi anda. Oleh karena itu cobalah berikan kepada bayi anda sebagai bahan makanan tambahan atau sebagai bahan makanan pendamping ASI.