Makanan untuk Memperlancar ASI

Banyak cara dapat dilakukan untuk memperlancar produksi ASI, mulai dari cara alami dan tradisional hingga penggunaan suplemen atau stimulan hormon sintetis yang berguna untuk meningkatkan kinerja hormon yang bertanggung jawab pada proses menyusui. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan produksi ASI adalah lewat asupan makanan. Terdapat berbagai jenis asupan bahan makanan untuk memperlancar ASI yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui. Apa saja jenis dan macamnya?

Jenis dan Macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam asupan makanan untuk memperlancar ASI sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kedelai. Menurut berbagai referensi kesehatan, dikatakan bahwa kedelai merupakan salah satu fitoesterogen alami yang berguna untuk meningkatkan kinerja hormon kewanitaan yang berhubungan dengan proses produksi ASI yaitu hormon prolaktin. Dikatakan juga bahwa kedelai mengandung kadar protein nabati yang tinggi dan berpengaruh pula pada kualitas ASI yang diproduksi.
  • Daun katuk. Menurut wikipedia, daun katuk memiliki kandungan alkaloid dan sterol yang merupakan stimulan hormon prolaktin. Tidak hanya sterol dan alkaloid, penelitian terbaru membuktikan bahwa daun katuk juga mengandung asam seskuiterna yang berpengaruh pada keseimbangan hormonal laktasi. Hormon prolaktin berpengaruh pada pembentukan enzym laktase yang berguna untuk merangsang produksi ASI. Daun katuk dapat diolah menjadi lodeh ataupun lalapan dan dapat dikonsumsi sebagai lauk makanan, walaupun rasanya sedikit pahit.
  • Daun nangka. Daun nangka muda juga dapat digunakan sebagai stimulan hormon oksitosin yang berguna untuk memperlancar pengeluaran ASI karena kandungan saponin, tannin dan flavanoida yang terdapat didalamnya. Sebagaimana diketahui, proses menyusui merupakan proses timbal balik yang melibatkan produksi dan pengeluaran ASI.
  • Bawang dan kunyit. Menurut berbagai penelitian, diungkapkan bahwa bawang dan kunyit memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menghambat terjadinya gangguan keseimbangan metabolisme tubuh, termasuk diantaranya gangguan pembentukan enzym laktasi yang dipengaruhi oleh hormon prolaktin.

Demikianlah beberapa jenis dan macam asupan makanan untuk memperlancar ASI yang dapat digunakan sebagai alternatif pilihan ibu yang sedang menyusui. Semoga bermanfaat.