Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Serta Manfaatnya

Makanan sehat untuk ibu hamil muda sangatlah penting. Mempunyai bayi yang sehat merupakan impian setiap ibu. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda. Mengapa hamil muda? Pada tahap trimester pertama, baik ibu dan bayi berada dalam masa labil dimana keduanya memiliki kemungkinan berada pada masa kritis yang dapat menyebabkan keguguran.

Pada trimester pertama, makanan yang mengandung protein DHA dan ARA sangatlah dibutuhkan ibu hamil untuk membantu perkembangan janin secara sempurna. Selain itu, masih banyak lagi makanan sehat untuk ibu hamil muda serta nutrisi yang harus dikonsumsi pada kadar tertentu untuk menunjang proses kehamilan; dan jika tidak akan berdampak negatif pada janin dan ibu.

Tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil melalui makanan sehat untuk ibu hamil muda tidak hanya akan membuat bayi terlahir kuat dan sehat, namun juga akan membuat produksi ASI meningkat. Selain itu, dengan mengkonsumsi nutrisi-nutrisi yang diperlukan, ibu akan terhindar dari kemungkinan kelahiran prematur atau lebih awal.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Pada Kehamilan Awal

Seperti yang dijelaskan diatas, ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda dan nutrisi yang harus tercukupi selama masa kehamilan. Nutrisi – nutrisi tersebut berperan penting baik bagi perkembangan dan pertumbuhan janin, kesehatan ibu selama kehamilan, serta berpengaruh dalam proses melahirkan. Kesemua nutrisi tersebut dapat dengan mudah ditemukan pada makanan sehat untuk ibu hamil mudayang biasa dikonsumsi setiap harinya.

Berikut ini adalah nutrisi tersebut beserta manfaatnya:

Kalori

Sangat dibutuhkan sebagai sumber energi pembentukan plasenta, pembuluh darah dan jaringan baru pada janin, seorang ibu hamil setidaknya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori setiap harinya dari makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Protein

Proses pertumbuhan janin yang sangat membutuhkan protein membuat seorang ibu hamil harus mendapatkan setidaknya 25 gram tambahan protein setiap harinya. Jika pada hari biasa wanita hanya perlu mengkonsumsi 50 gram protein, dalam masa hamilnya, mereka harus mengkonsumsi 75 gram protein melalui makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Folat

Berperan penting dalam perkembangan embrio serta pencegahan cacat otak dan tulang belakang, asam folat yang terdapat pada makanan sehat untuk ibu hamil muda terutama sayuran hijau harus dikonsumsi ibu hamil setiap harinya.

Zat besi

27 mg Hemoglobin sangat dibutuhkan ibu hamil untuk memproduksi darah lebih banyak dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan Hemoglobin dapatk berakibat pada kelahiran premature yang sangat beresiko baik bagi bayi dan ibunya.

Zinc

Dibutuhkan sekitar 25 mg Zinc setiap harinya untuk menjaga kondisi ibu agar tetap sehat sehingga janin dapat terlahir sehat tepat pada waktunya.

Kalsium

1000 mg kalsium perhari bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang dan giginya. 1000 mg tersebut lantas akan diserap janinnya 25 hingga 30 mg dalam proses perkembangan tulang dan gigi janin dalam rahim.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

makanan sehatSetelah mengetahui apa saja makanan sehat untuk ibu hamil muda dan nutrisi yang dibutuhkan serta manfaatnya bagi proses pertumbuhan dan perkembangan janin, penting bagi ibu mengetahui makanan apa saja yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan.

Seafood

Dikenal mengandung banyak protein, seafood sangat baik bagi perkembangan otak janin. DHA dan Omega 3 yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak dapat didapat dengan mengkonsumsi berbagai macam seafood antara lain udang, cumi, serta ikan laut lainnya.

Sayuran hijau

Sayuran merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda yang keberadaannya tidak bisa digantikan. Tidak hanya untuk ibu hamil, manfaat sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi dapat menghindarkan kita dari penyakit anemia atau kurang darah. Pada ibu hamil, konsumsi sayuran hijau tidak hanya dapat menghindarkan mereka dari anemia tetapi juga sangat baik sebagai sumber asam folat untuk mencegah cacat otak dan tulang belakang.

Yogurt

Yogurt merupakan alternatif yang bagus bagi ibu hamil yang tidak suka minum susu agar tetap dapat makan makanan sehat untuk ibu hamil muda. Rasanya yang asam dapat mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Selain itu, terkandung banyak nutrisi penting bagi ibu hamil yaitu protein, Zinc, vitamin B, serta kalsium yang baik bagi janin.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil akan selalu meningkat setiap harinya sesuai dengan usia kandungannya. Kekurangan nutrisi bukanlah sesuatu yang dapat dipandang sebelah mata. Defisiensi nutrisi pada ibu hamil akan berdampak pada kelahiran bayi yang cacat; baik fisik maupun mental atau kemungkinan bahaya saat proses kelahiran. Oleh itu makanan sehat untuk ibu hamil muda harus dikonsumsi setiap hari selama masa kehamilan.