Makanan Pendamping ASI : Bubur Bayi Tahun Pertama

Bubur Bayi Tahun Pertama. Bayi sangat memerlukan perhatian ekstra sebab ia belum mampu melakukan banyak hal sendiri. Sebelum bayi lahir, kita sebagai orang tua pasti sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari pakaian, selimut, susu tambahan dan keperluan bayi lainnya. Selain itu juga lingkungan, kesehatan serta tumbuh kembang bayi harus menjadi focus utama orang tua.

Mengenal Bubur Bayi Tahun Pertama

Pada saat bayi berumur 6 bulan, biasanya ia telah siap untuk mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Bubur bayi adalah MPASI yang tepat mengingat system pencernaan bayi baru mulai berlatih untuk memproses makanan padat pertamanya. Nutrisi yang terkandung dalam makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan serta daya tahan tubuh bayi. Oleh karena itu makanan yang diberikan pada bayi harus dibuat dari bahan-bahan yang sehat, segar, kaya nutrisi serta diolah dengan benar dan higinenis sehingga tubuh bayi mendapat segala nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Di tahun tahun-pertama, sistem pencernaan bayi belum sempurna oleh karena itu ia hanya bias mencerna ASI. Setelah enam bulan, ia siap mendapat makanan padat pertamanya, dan biasanya di tahap ini ibu bias mulai memperkenalkannya pada bubur bayi. Haluskan nasi, kentang dan sumber karbohidrat lainnya bersama dengan sayuran (wortel, brokoli, tomat) dan protein (hati ayam, keju, dll). Gunakan blender dan saring hasilnya untuk memastikan tidak ada potongan makanan yang terlalu besar yang termakan oleh bayi. Hal tersebut dapat membuat bayi tersedak dan tidak dapat bernafas.

Sebagai selingan, anda bias menambahkan bubur biskuit yang dicairkan dengan ASI atau susu formula ditambah dengan jus buah buahan yang segar tanpa tambahan gula.

Setelah Bubur Bayi Tahun Pertama

Di saat gigi-gigi pertama bayi mulai tumbuh (biasanya di sekitar umur 9 bulan), ibu bisa mulai memberikan makanan yang sedikit lebih padat dibandingkan bubur. Ibu bisa memberikan nasi tim lengkap nutrisi, buah buahan seperti pisang, papaya yang diberikan utuh berupa potongan kecil-kecil dan tidak dilumatkan lagi. Apapun jenis makanan yang diberikan, pastikan memenuhi empat sehat, yaitu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral – ditambah dengan ASI, yang jika memungkinkan, diberikan secara eksklusif selama dua tahun pertama.

Selain memenuhi kebutuhan gizinya, pastikan bayi merasakan berbagai jenis tekstur makanan karena hal tersebut dapat memperkaya pengetahuannya akan makanan, melatih pertumbuhan gigi serta meningkatkan kemampuan indera pengecapnya. Meskipun demikian jangan paksa bila bayi tak suka, bagaimanapun biarkan ia bersenang-senang menikmati bubur bayi tahun pertama.