Makanan Pemicu Asma pada Balita

Anak balita Anda menderita asma? Tak perlu cemas dan kuatir. Anda dapat mempelajari pemicu dan menangani asma pada balita. Penyakit asma adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan dari saluran pernapasan yang mengalami penyempitan.  Penyempitan tersebut dapat menyebabkan munculnya  suara ketika menarik atau mengeluarkan napas.
Ada beberapa pemicu munculnya asma, salah satunya adalah makanan.

Alergi terhadap makanan untuk penderita asma bersifat individual. Kenali makanan yang memicu terjadinya asma pada balita. Makanan pemicu asma biasanya berkaitan dengan pemicu alergi. Jika balita alergi terhadap suatu makanana, maka asma akan kambuh.

Beberapa contoh makanan yang dapat memicu asma pada balita seperti permen, coklat, snack yang mengandung pemanis atau MSG, minuman yang mengandung pewarna atau pemanis buatan. Namun, ada juga balita yang alergi dengan susu, telur ayam, ikan, kacang-kacangan,  sayuran dan buahan tertentu.

  • Susu Sapi
    Hindari pemberian susu bagi balita penderita asma. Protein yang ada pada susu sapi dapat memicu alergi. Bahkan ada yang alergi hingga sampai dewasa (menetap). Untuk itu pemberian susu sebaiknya setelah usia 1 tahun dan dicek apakah menimbulkan reaksi alergi. Kandungan susu juga dapat memicu asma, seperti es krim, dan keju.
  • Telur
    Hindari makanan untuk balita penderita asma  terutama telur ayam, tapi tidak berarti pada daging atau bulu ayam.
  • Ikan Laut
    Hindari makanan untuk balita penderita asma yang mengandung ikan laut. Bagi balita yang menderita asma dengan mencium aroma ikan laut dapat bersin-bersin dan sesak napas.
  • Kacang-kacangan
    Hindari makanan untuk balita penderita asma yang mengandung kacang-kacangan, seerti kacang tanah, kacang mede, atau sejenisnya.
  • Sayur dan buah-buahan.
    Hindari makanan untuk balita penderita asma Bisa menimbulkan reaksi alergi, yakni gatal-gatal pada mulut. Sayuran seperti nangka atau sayuran yang mengandung gas. Buah yang dapat memicu asma seperti buah nanas atau durian.
  • Gandum
    Hindari menghirup gandum. Bagi penderita asma akan memicu kambuhnya asma.

Nah, kenali makanan pemicu asma  pada balita, kemudian jaga agar tidak  kambuh.