Mainan Yang Dianjurkan Untuk Anak Usia 4 Tahun

Menginjak usia 4 tahun, anak mulai menyukai permainan yang cukup kompleks dan membutuhkan konsentrasi. Selain itu permainan yang membutuhkan kekuatan dan kelenturan gerak tubuh sangat disenangi. Tak heran jika mainan yang dianjurkan untuk anak usia 4 tahun ini pada umumnya dapat merangsang kecerdasan otaknya, meningkatkan daya kreativitas dan imajinasinya.

Apa saja mainan yang dianjurkan?

Beberapa mainan yang dianjurkan untuk anak usia 4 tahun antara lain:

  1. Sepeda kecil 

    Di usia 4 tahun, anak sudah tidak lagi membutuhkan sepeda roda tiga melainkan sepeda kecil yang pada kanan kiri roda belakang diberi roda kecil sebagai penyangga. Dengan mainan sepeda kecil, anak akan terlatih daya keseimbangannya. Jika anak sudah mahir dalam mengayuh sepeda dan pandai menjaga keseimbangan, lepaslah roda kecil penyangga roda belakang. Mulailah dari melepas roda sebelah kanan. Kemudian jika anak tidak jatuh selama bermain baru dilepas roda kecil sebelah kiri.

  2. Ular tangga 

    Dapat dikatakan ular tangga merupakan mainan anak termurah di usia 4 tahun. Meskipun murah, namun peranannya sebagai media pembelajaran tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena membutuhkan daya imajinasi dan perhitungan, permainan ulang tangga dapat mempertajam kemampuan visualisasi dan memori anak. Permainan yang sejenis dengan ular tangga adalah monopoli. Permainan ini cukup populer di era tahun 1990an. Namun saat ini mulai tergeser akibat banyaknya permainan online.

  3. Menggambar 

    Jika di usia 2 tahun anak sekedar suka mencorat-coret, maka di usia 4 tahun anak sudah mulai dapat menggambar objek di sekelilingnya. Misal menggambar pemandangan alam. Ajarkan kepada anak bagaimana memulai menggambar yang benar. Agar anak pandai mewarnai, kenalkan warna-warna yang terdapat dalam objek gambar. Misal gambar gunung diberi warna biru, rambut diberi warna hitam dan seterusnya.

  4. Boneka barbie 

    Anak perempuan pun tak mau ketinggalan. Di usia 4 tahun, anak perempuan umumnya menyukai boneka yang dapat dikostumisasi sendiri. Salah satunya yaitu boneka barbie. Mainan perempuan ini dapat diganti-ganti bajunya, warna cat rambut dan penggunaan aksesoris pendukung. Bermain dengan boneka barbie ternyata dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Selain itu anak akan belajar cara memadupadankan warna pakaian dengan aksesoris pendukung seperti tas misalnya.

Kesimpulan
Berdasarkan beberapa contoh mainan yang dianjurkan untuk anak usia 4 tahun di atas dapat disimpulkan bahwa pemilihan mainan yang sesuai dengan kelompok usia sang anak dapat merangsang perkembangan dan kecerdasan anak serta memberikan rasa aman ketika dimainkan si kecil.