Mainan Yang Dianjurkan Untuk Anak Usia 3 Tahun

Tingkah laku anak usia 3 tahun
Menginjak usia 3 tahun, anak semakin kreatif saja. Ia senang dengan aktivitas yang dilakukan orang dewasa. Ia juga senang dengan mainan yang realistis yang mampu merangsang otaknya. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka diperlukan kesesuaian antara jenis mainan dengan tingkah lakunya.

Jenis mainan apa yang dianjurkan?

Pada dasarnya anak usia 3 tahun membutuhkan mainan yang memerlukan banyak gerak dan ketangkasan. Beberapa contoh mainan yang dianjurkan untuk anak usia 3 tahun, antara lain :

  1. Mainan kereta api
    Mainan kereta api merupakan mainan yang menyenangkan di usia 3 tahun. Tidak hanya sekedar bermain, anak akan belajar bagaimana menyusun rangkaian rel kereta api, merangkai gerbong, meletakkan dan memungut kereta dari relnya serta memasang beberapa bangunan seperti stasiun, jembatan pepohonan dan lain sebagainya.
    Jenis mainan ini akan merangsang otak dan motorik anak. Si kecil juga akan belajar memerankan sebagai masinis yang sedang mengendalikan laju kereta api. Sambil bermain, mengajaknya bernyanyi “Naik kereta api, tut.. tut.. tut.. siapa hendak ikut..” akan menambah keceriaan anak bermain.
  2. Mobil-mobilan
    Hampir sama dengan mainan kereta api, mainan mobil-mobilan juga digemari anak di usia 3 tahun. Agar dapat merangsang perkembangan otaknya, pilihlah mobil-mobilan yang dilengkapi miniatur pengendara dan penumpangnya. Dengan begitu anak akan berdialog sendiri memerankan beberapa tokoh baik sebagai sopir maupun sebagai penumpang.
    Jenis mobil-mobilan yang sedang ngetren saat ini yaitu mobil transformer dimana mobil tersebut dapat berubah menjadi sebuah robot. Dengan mainan ini tentu anak akan semakin kreatif untuk mengutak-atik mengubah bentuk mobil menjadi robot. Lebih seru lagi jika Anda membelikan si kecil beberapa mobil transformer sehingga ia dapat bercerita lebih banyak dengan memerankan beberapa tokoh mobil transformer tersebut.
    Jika halaman rumah Anda cukup luas, membelikan mainan truk besar lengkap dengan ember dan sekop cukup mengasyikkan. Anak akan belajar bagaimana mengangkut pasir ke dalam truk dengan sekop. Kemudian dengan seutas tali yang diikatkan di truk, si kecil akan menariknya berjalan.
  3. Boneka
    Bagi Anda yang memiliki anak perempuan, membelikan boneka yang dapat berbicara tentu menjadi pilihan bijak. Adapun boneka yang cocok di usia ini yaitu boneka bayi yang masih sederhana. Melalui mainan ini Anda dapat mengajarkan cara menggendong bayi, cara memandikan dan cara mengganti pakaian. Bagi Anda yang sedang hamil anak ke-2, mainan ini dapat menjadi cara ampuh agar anak mempunyai rasa kasih sayang kepada adiknya ketika lahir kelak.

Sebenarnya masih banyak contoh mainan yang dianjurkan untuk anak usia 3 tahun seperti yang telah dijelaskan di atas. Intinya ketika Anda akan membeli mainan anak, Anda cek terlebih dahulu label umur di kemasannya.