Mainan Talking Tom

Salah satu jenis mainan balita usia 2-5 tahun yang barangkali sedang marak saat ini adalah mainan talking tom. Mainan ini ada yang berbentuk boneka dengan software alat perekam yang berguna untuk menirukan semua perkataan ataupun bisa juga berbentuk aplikasi yang membutuhkan dukungan perangkat keras berupa tablet ataupun komputer. Tom sendiri digambarkan sebagai suatu binatang yang berbentuk kucing dengan kemampuan menirukan suara yang diucapkan dalam intonasi suara yang lucu, sehingga menimbulkan minat dan kesenangan bagi anak usia balita. Memang tidak semua toko mainan anak menjual mainan ini, namun bagi mereka yang mempunyai fasilitas komputer ataupun tablet, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan talking tom ini?

 

Kegunaan dan manfaat

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat mainan talking tom baik dalam bentuk boneka ataupun aplikasi komputer sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kemampuan verbal. Penggunaan software atau perangkat lunak perekam, bermanfaat untuk mengasah kemampuan dan keterampilan verbal balita. Balita akan terpancing untuk mengeluarkan berbagai macam rangkaian kalimat, lagu atau bahkan suara-suara lucu untuk mengasah indera pengucapannya.
  • Ekspresif dan kreatifitas. Dalam versi aplikasi software pada tablet ataupun komputer, juga dilengkapi dengan fasilitas perekaman video untuk ditayangkan, sehingga bisa memancing balita untuk lebih ekspresif dan kreatif dalam bertindak ataupun bertingkah laku.
  • Kosa kata baru. Pancing balita ataupun ajari beberapa kata-kata baru untuk menambah perbendaharaan kata. Dengan memberikan stimulasi berupa pancingan kosa kata baru, secara tidak langsung akan menimbulkan rasa ingin tahu balita sehingga balita bisa bersikap kritis terhadap permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu, diperlukan sikap kesabaran orangtua dalam menyikapi sikap kritis balita ini.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan talking tom baik dalam bentuk boneka ataupun aplikasi komputer yang bisa dipertimbangkan orangtua. Namun demikian barangkali yang perlu menjadi perhatian orangtua adalah mainan talking tom yang menggunakan komputer. Pastikan dengan baik bahwa aktifitas permainan tidak dilakukan dalam jangka waktu yang lama karena radiasi layar komputer yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mata. Berlakukan sistem waktu atau timing agar balita tidak berlama-lama di depan layar komputer. Selamat mencoba dan semoga bermafaat.