Mainan Mini Keyboard Piano

Musik merupakan salah satu bentuk stimulasi yang memiliki efek yang besar bagi tumbuh kembang balita, demikian dikatakan oleh salah seorang pendidik anak. Ketika pertama kali terlahir, sebenarnya bayi hanya mengandalkan kemampuan pendengaran karena kemampuan penglihatannya masih belum sempurna. Oleh karenanya, penggunaan alat musik sebagai salah satu bentuk stimulasi tumbuh kembang kemampuan kognitif balita 2-5 tahun sebaiknya dijadikan pertimbangan orangtua. Barangkali salah satu jenis mainan alat musik yang bisa dipertimbangkan dalam segi kepraktisan adalah mainan mini keyboard piano. Dengan tenaga baterai sebagai sumber tenaga, mainan ini bisa langsung dimainkan dengan menekan tuts menggunakan jari. Apa saja manfaat mainan ini bagi balita?

 Kegunaan dan manfaat

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat mainan mini keyboard piano bagi balita usia 2-5 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Mengingat. Balita akan belajar melatih kemampuan mengingat nada-nada tertentu dalam sebuah tuts ketika ditekan. Tentu saja permainan musik menggunakan mini keyboard piano ini menggunakan nada dasar C yang tidak terlalu diribetkan dengan permasalahan tangga nada kress ataupun mol.
  • Ketrampilan. Memainkan jari jemari diatas tuts dengan mengkoordinasikan anggota motorik jari dan indera penglihatan serta pendengaran, bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sinkronisasi atau perpaduan yang selaras dan harmonis dalam merangkai beberapa untaian nada.
  • Seimbangkan otak kiri dan kanan. Menurut sebuah jurnal penelitian yang pernah dilakukan, disimpulkan bahwa koordinasi anggota motorik dan indera penglihatan serta kemampuan mengingat nada ketika memainkan sebuah alat musik, ternyata bermanfaat untuk menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan kanan pada balita. Sebagian besar kemampuan otak balita akan mengalami perbedaan yang signifikan, tergantung dari bentuk stimulasi yang pernah diberikan.
  • Bentuk ekspresi. Untuk menyeimbangkan dan mengoptimalkan proses tumbuh kembang, balita memerlukan suatu sarana untuk menyalurkan ekspresi jiwanya agar kondisi psikologisnya tetap sehat. Menurut sebuah penelitian yang perah dilakukan, ketidakmampuan menyalurkan ekspresi jiwa bisa memicu timbulnya autisme pada anak.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan mini keyboard piano bagi balita usia 2-5 tahun yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Akan lebih baik apabila orangtua juga ikut memberikan pendampingan ketika anak bermain agar keterampilan dan kreatifitasnya makin bertambah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.