Mainan Kuda-kudaan

Mainan kuda-kudaan saat ini sepertinya lebih bervariasi baik dari segi bahan pembuatnya ataupun bentuknya. Pada saat sekarang, mainan kuda-kudaan ini ada yang terbat dari bahan karet tebal ataupun plastik yang diisi dengan udara, sehingga bisa memantul seperti bermain kuda-kudaan. Walaupun mungkin bentuknya sudah tidak menyerupai kuda, asalkan bisa dinaiki dan bisa diajak melompat, orangtua masih menyebut jenis mainan ini sebagai mainan kuda-kudaan. Menurut salah seorang pakar tumbuh-kembang anak, dikatakan bahwa permainan kuda-kudaan ini memiliki berbagai macam kegunaan dan manfaat untuk anak balita usia 2-5 tahun. Apa saja kegunaan dan manfaatya?

 Kegunaan dan manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat mainan kuda-kudaan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Motorik kasar. Gerakan melompat sambil berpegangan pada tali kekang berguna untuk melatih kemampuan motorik kasar balita, terutama berbagai gerakan yang berhubungan dengan lari, lompat ataupun lempar.
  • Keseimbangan. Bermain kuda-kudaan juga bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh balita agar tidak terjatuh ketika melompat di udara. Keseimbangan tubuh berguna untuk melakukan berbagai kegiatan atau olahraga fisik seperti bersepeda, sepatu roda, berlari ataupun panjat tali.
  • Mempercepat pertumbuhan tulang. Selain melatih motorik kasar, mainan kuda-kudaan juga berguna untuk memperbesar dan memperpanjang masa tulang, sehingga pertumbuhan tinggi badan akan semakin optimal. Menurut hasil penelitian yang pernah dilakukan, gerakan olahraga melompat dan berlari yang sering dilakukan ketika bermain kuda-kudaan berguna sebagai salah satu bentuk stimulasi pada jaringan epiphyseal yang terdapat pada pangkal paha dan tulang punggung yang berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan anak balita.
  • Optimalkan peredaran darah. Salah satu faktor penting untuk mendapatkan tumbuh-kembang secara oprtimal adalah suplai oksigan dan makanan dari dan ke seluruh organ penting tubuh. Suplai ini akan semakin optimal ketika aliran peredaran darah di seluruh jaringan tubuh tidak mengalami hambatan. Dengan berolahraga melompat ataupun berlari menggunakan mainan kuda-kudaan, kinerja jantung dalam memompa aliran darah ke seluruh organ vital tubuh juga menjadi lebih lancar.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan kuda-kudaan untuk balita usia 2-5 tahun. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.