Mainan Kereta Api

Pasti mainan yang satu ini cenderung disukai oleh balita lelaki. Ya, mainan kereta api yang lengkap dengan rel beserta lokomotif dan gandengannya merupakan salah satu mainan favorit balita usia 2-5 tahun, apalagi jika mainan tersebut dapat mengeluarkan suara, asap ataupun lampu. Mainan kereta api dengan tenaga baterai ini sebenarnya merupakan salah satu jenis mainan yang mengasyikkan bagi balita, karena balita senang dengan suatu bentuk aktifitas yang diulang-ulang. Aktifitas berulang ini sebenarnya merupakan salah satu metode pembelajaran dan stimulasi yang bisa dengan mudah dipahami oleh balita, demikian diungkapkan oleh salah seorang ahli tumbuh kembang balita beberapa waktu yang lalu dalam sebuah seminar parenting. Apa saja kegunaan dan manfaat lain dari mainan kereta api ini?

 Kegunaan dan manfaat

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat mainan kereta api sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Keterampilan. Ketika berusaha untuk merangkai rangkaian rel kereta api ataupun rangkaian gerbong dan lokomotif dalam mainan kereta api, keterampilan motorik halus serta kemampuan koordinasi antara jemari dengan mata juga dapat diberikan stimulasi. Jangan kaget apabila setelah berhasil menyambung rangkaian gerbong atau rel, balita akan berusaha untuk melepas dan memasangnya kembali. Kegiatan berulang-ulang ini merupakan salah satu metode pembelajaran balita.
  • Pengenalan warna, angka dan huruf. Terkadang, dalam rangkaian gerbong mainan juga diselipi dengan berbagai bentuk angka ataupun huruf dalam pola aneka warna. Bahkan terdapat rangkaian gerbong mainan yang dapat diisi dengan benda apapun. Berikan stimulasi dengan mencoba mengajak balita mengangkut beberapa jenis huruf ataupun angka tertentu sebagai benda yang harus diangkut oleh gerbong barang.
  • Pengenalan transportasi. Sebagai salah satu bentuk alat transportasi yang hanya bisa bergerak dalam lintasan rel khusus, balita juga bisa belajar memahami bahwa kereta api membutuhkan suatu sarana pendukung khusus ketika hendak bergerak, sehingga tidak diperlukan kemudi seperti halnya permainan mobil-mobilan atau motor-motoran.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan kereta api sebagaimana diungkapkan oleh salah seorang praktisi tumbuh kembang balita. Namun demikian, orangtua juga hendaknya selalu sabar ketika usaha balita untuk sekedar merangkai gerbong kereta mengalami kegagalan dan membanting mainan sebagai ungkapan ekspresi kekecewaan. Semoga bermanfaat.