Mainan Anak Online

Pada jaman yang sudah semakin modern ini dan makin mudahnya fasilitas yang bisa diakses dari internet, bukanlah hal yang susah untuk memperoleh mainan anak online untuk balita usia 2-5 tahun yang dapat di unduh ataupun dimainkan secara gratis. Terdapat berbagai jenis mainan anak online yang dapat dipilih dan dimainkan, mulai dari puzzle, mewarnai gambar, mengurutkan angka atau bilangan, menemukan huruf yang hilang atau bahkan merangkai huruf menjadi sebuah kata. Memang bentuk mainan ini tidak berbentuk fisik, namun tetap saja menarik untuk dimainkan. Seperti halnya mainan berbentuk fisik yang lain, mainan anak online ini juga banyak sekali manfaatnya. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan anak online ini?

 Kegunaan dan manfaat

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat mainan anak online untuk balita usia 2-5 tahun sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kognitif. Walaupun mungkin agak terlalu susah bagi balita yang belum biasa dikenalkan dengan fasilitas komputer dan internet, permainan menggabungkan potongan puzzle, mengurutkan angka ataupun menyusun huruf secara online untuk membentuk kata bermanfaat untuk melatih kemampuan kognitif balita yang meliputi kecerdasan, baik secara intelegensi ataupun parsial.
  • Keterampilan. Mengurutkan angka atau tantangan untuk membuat kata berdasarkan huruf acak juga berguna untuk mengasah keterampilan balita dalam menemukan kata-kata baru yang mungkin belum sempat dipelajarinya. Makin banyak tantangan membuat kata, makin besar pula kreatifitas balita dalam belajar kosa kata baru.
  • Ketelitian. Kemampuan scanning atau memindai beberapa angka ataupun huruf yang hilang dalam permainan susun angka ataupun huruf juga bermanfaat untuk melatih ketelitian balita dalam penyususnan sebuah kosa kata yang baru. Selain itu, ketelitian dalam merangkaikan potongan puzzle yang bentuknya acak juga bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan parsial atau kecerdasan 3 dimensi.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan anak online untuk balita usia 2-5 tahun yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Namun demikian, orangtua juga hendaknya selalu selektif dalam memilih jenis permainan online yang memiliki unsur edukasi. Jangan lupakan juga untuk memberikan pendampingan ketika balita sedang beraktifitas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.