Ketika Menghadapi Anak Usia 13 – 18 Tahun Memberontak

Memiliki anak yang selalu memberontak aturan orangtua memang tidak pernah menjadi sesuatu yang mudah dilakukan. Remaja biasanya tidak bermaksud jelek tetapi mereka kurang menghargai pada hal-hal yang berbau tradisional. Apa yang harus dilakukan ketika menghadapi anak usia 13-18 tahun memberontak itu?.  Berhadapan dengan remaja yang sedang dalam tahap pencarian jati diri seperti ini memang sangat sulit, terutama apabila emosi orangtua terpancing. Penting bagi orangtua untuk selalu ingat bahwa kita harus konsisten dengan sikap disiplin dan jangan pernah terbujuk oleh rayuan mereka untuk melunakkan aturan yang sudah dibuat. Harapan kita harus seimbang dengan apa yang bisa mereka lakukan dengan aturan kita.

Ketika Menghadapi Anak Usia 13 - 18 Tahun MemberontakKebanyakan anak memberontak agar aturan yang ada sesuai dengan keinginan mereka. Itulah sebabnya orangtua harus menyadari lingkungan dimana mereka sering berada. Batasi orang yang bisa berkunjung ke rumah berdasarkan sikap dan perilaku sang anak. Beri pujian secara konsisten untuk setiap tindakan atau perilaku anak yang positif. Kurangi ekstra fasilitas yang ada apabila mereka tidak bersikap dengan baik di rumah. Inilah salah satu sikap yang harus dilakukan orangtua ketika menghadapi anak usia 13-18 tahun memberontak. Orangtua memang harus selalu waspada memiliki anak remaja yang memberontak di rumah. Tegaskan pada sang anak untuk tiba di rumah pada waktu tertentu dan pastikan mereka mengikuti setiap aturan yang ada di rumah kita. Ketika orangtua dirasa tidak bisa mengontrol kehidupan di rumah maka anak akan berbuat seenaknya.

Jika anak memiliki masalah dengan hokum(kebohongan) maka orangtua bisa menawarkan mereka untuk mengikuti acara kemping dengan banyak keuntungan positif selama mereka mengikutinya. Kebanyakan anak remaja memberontak karena mereka tidak memiliki disiplin yang kuat. Kadang memisahkan mereka sementara dari lingkungan rumah bisa membuat mereka menghargai hal-hal positif yang mereka dapatkan di rumah sendiri. Cara ini bukan berarti kia selalu memberi yang mereka inginkan tetapi menjadi indikasi bahwa orangtua akan selalu mendukung setiap pilihan positif yang mereka pilih. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk menyemangati anak dengan cara positif.  Anda tidakkan lagi kesulitan ketika menghadapi anak usia 13-18 tahun memberontak pada orangtuanya sendiri. Selamat berjuang.