Kenali Karakter Anak Usia 5 – 12 Tahun

Karakter anak merupakan salah satu kajian yang tidak pernah selesai dibahas dimana-mana. Berbagai karakter anak muncul tanpa diduga, beberapa orang tua bahkan mengeluhkan bahwa anaknya tiba-tiba memiliki sikap buruk yang tidak pernah mereka ajarkan di rumah. Namun, ada juga orang tua yang kaget dengan karakter anak yang tiba-tiba luar biasa mengagumkan. Mereka belajar darimana?

Kenali karakter anak sejak dini, kenali karakter anak usia 5 – 12 tahun sebelum karakter mereka akan terbangun hingga mereka dewasa. Kenali karakter baiknya dan buang karakter buruknya dengan cara yang bijaksana. Pembentukan karakter anak diawali oleh pembinaan orang tua. Salah satunya adalah peran ibu. Namun, manajemen pengasuhan anak haruslah disepakati oleh ayah dan ibu agar tidak terjadi tumpang tindih yang membuat anak menjadi bingung.

Berikut ini adalah panduan untuk mengenali karakter anak usia 5 – 12 yang dapat dijadikan acuan :

1. Berikan tes tertulis

Sah-sah saja jika Anda akan memberikan tes kepada anak Anda. Ada banyak buku yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mengetes karakter anak. Tentu saja untuk anak usia 5 tahun yang bisa jadi belum bisa membaca Anda bisa mengajukan pertanyaan tertentu yang akan mereka jawab. Misalnya saja, jika mereka melihat ada dompet di meja apakah mereka akan mengambil uang didalamnya. Jawaban pilihan berganda lebih baik seperti A: Ya B: Tidak. Setiap pertanyaan yang mereka jawab akan menguatkan karakter yang mereka miliki. Ketika ternyata hasilnya mengarah pada karakter buruk, Anda bisa mulai memberikan bimbingan secara intens untuk mengubah atau memolesnya menjadi lebih baik.

2. Amati pergaulannya

Apakah anak Anda seorang anak yang otoriter pada teman-temannya, apakah dia pengalah, apakah dia pembenci, atau dia sangat penyayang. Pengamatan ini akan membuat Anda semakin yakin apa yang akan Anda lakukan untuk mengarahkan karakter Anak.

3. Amati kebiasaannya di rumah

Kebiasaan di rumah tidak jauh dari kebiasaan orangtuanya memang, tetapi dengan pengamatan ini Anda bisa memutuskan karakter apa yang dimiliki anak Anda.

Selamat mengenali karakter anak usia 5 – 12 tahun.