Kedutan Pada Mata

Hampir semua orang pernah mengalami kedutan pada mata. Bisa terjadi dalam hitungan detik, seperti bergetar atau bergerak-gerak kelopak mata kanan, atas bawah tengah atau ujung mata, tak sakit dan hampir proses situ tak terlihat oleh orang lain. Beberapa mitos menyertai saat orang kedutan pada matanya, katanya akan bertemu dengan orang yang dicintai, dapat rezeki atau akan mendapat kemalangan yang sebabkan menangis.

Sebenarnya kedutan itu adalah hal normal, bukan masalah medis yang serius. Hal ini terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat, sehingga terjadi gangguan kontraksi otot yang diluar kendali dan menjadikan aliran listrik nervus facialis menaik. Akibatnya, mata sepertinya tegang sesaat atau mengalami kejang. Apakah kedutan pada mata berbahaya? Sejauh ini belum ada konfirmasi seseorang menderita penyakit kedutan sepanjang masa. Hanya saja tetap menganggu bila terlalu sering mengalaminya apalagi saat beraktivitas yang butuhkan konsentrasi. Terkadang kedutan lebih banyak dialamai pada usia 40 tahun ke atas, juga pada penderita stroke. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada anak-anak.

Penyebab Kedutan Mata

Penyebab kedutan diantaranya :

  1. Stress, kelelahan, mata lelah, ketiga masalah itu menyebabkan mata tegang, kejang kelopak mata, dan terlalu sering didepan layar computer bisa memicu kelopak mata bergerak-gerak. Hal ini juga bisa terjadi apabila terus menerus bermain video game.
  2. Kedutan pada mata juga karena mata kering, karena proses penuaan, memakai lensa kontak, konsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin atau antidepresan.
  3. Ketidakseimbangan nutrisi, alergi, gangguan syaraf motorik ke-7, keturunan, trauma fisik dan infeksi.

Kedutan bila tak menganggu tak perlu diobati, karena sifatnya hanya sementara, dan hilang dengan sendirinya. Namun apabila terlalu sering dan sangat menganggu, nah ini baru harus mendapatkan penanganan lebih lanjut ke dokter mata, biasanya diberikan obat-obatan untuk melemaskan otot mata, suntik botoks untuk melokalisasi dan membuat lumpuh area kedutan.

Pencegahan Kedutan Mata

Pencegahan kedutan mata bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Kurangi paparan cahaya dengan memakai kacamata hitam
  2. Istirahat cukup minimal 7 jam sehari
  3. Hindari stress berkepanjangan bukan hanya stres saat belajar, namun  bermain terkadang juga bisa mengalami stres
  4. Jangan terlalu mengalami kelelahan