Kecukupan Nutrisi Dan Amankah Susu Formula Untuk Bayi 0-3 Bulan?

Amankah susu formula untuk bayi 0-3 bulan? adalah salah satu pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh para ibu muda terutama mereka yang bekerja. Tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan ASI kepada buah hati mereka merupakan salah satu alasan yang selalu dikemukakan oleh setiap ibu muda yang harus kembali bekerja setelah melahirkan. Oleh karena itu susu formula menjadi salah satu solusi yang ditawarkan namun tentu saja mengganti ASI menjadi susu formula bukan hanya mengenai masalah aman dan tidak amannya hal tersebut, namun juga apakah nutrisi yang terkandung di susu formula cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati anda?

Cukup Amankah Susu Formula Untuk Bayi Di bawah 3 Bulan?

Sebelum berbicara mengenai aman atau tidaknya susu formula untuk bayi, para orang tua harus cukup bijak dalam menyikapi kebutuhan nutrisi buah hati mereka. ASI eksklusif adalah solusi terbaik untuk memberikan cukup nutrisi kepada buah hati anda namun tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat banyak halangan dalam pemberiannya, misalnya jika anda harus bekerja atau tidak memiliki cukup ASI untuk sang buah hati. Akan tetapi perlu diketahui juga bahwa susu formula tidak dimaksudkan sebagai pengganti ASI tetapi hanya sebagai pelengkap ASI apabila ibu tidak bisa memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya. Terdapat beberapa keterbatasan susu formula dalam hal kecukupan nutrisi untuk bayi seperti hal berikut ini:

  • Susu formula memang mengandung kalsium dan magnesium tapi jumlah kandungannya tidak cukup.
  • Dengan memberikan susu formula sebagai pengganti ASI bayi akan mengalami kekurangan nutrisi hingga 20%.

Memilih Susu Formula; Sudah Amankah Susu Formula Untuk Bayi 0-3 Bulan?

Jika berbicara mengenai amankah susu formula untuk bayi 0-3 bulan? Hal tersebut tergantung pada cara memilih susu formula yang tepat dan bagaimana cara orang tua memberikannya pada bayi. Terdapat beberapa kekurangan yang sering berakibat buruk pada bayi jika orang tua salah memilih susu formula walau hanya sebagai pendamping ASI, yaitu:

  • Pemilihan susu formula yang tidak tepat dapat menyebabkan sembelit pada bayi.
  • Botol susu yang tidak higienis juga dapat menyebabkan bayi sering mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan.
  • Susu formula tidak direkomendasikan pada bayi yang memiliki daya tahan tubuh lemah terutama untuk bayi yang lahir dalam keadaan prematur.

Cara terbaik memilih susu formula adalah dengan berkonsultasi kepada dokter ahli. Namun jika memungkinkan lebih baik menggunakan ASI eksklusif untuk buah hati anda sehingga anda tidak perlu dipusingkan dengan pertanyaan seperti Amankah Susu Formula Untuk Bayi 0-3 Bulan?