Kecerdasan Bermusik Pada Anak Usia 5 – 12 tahun

Kecerdasan bermusik spada anak usia 5 – 12 tahun sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwanya. Pada masa pertumbuhan tersebut diperlukan banyak masukan yang positif, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara seimbang dan sempurna antara IQ dan EQ nya.

Kecerdasan Bermusik Pada Anak Usia 5 - 12 TahunSudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik sangat mempengaruhi perkembangan IQ dan EQ seseorang. Kecerdasan emosional seorang anak yang terbiasa mendengarkan musik sejak kecil akan berkembang lebih baik dibanding anak yang jarang mendengarkan musik. Anak yang terbiasa mendengarkan musik juga terbukti memiliki tingkat kedisiplinan yang lebih baik.

Meskipun begitu, tidak dipungkiri lagi bahwa masih banyak orang yang menganggap bahwa kecerdasan seorang anak ditentukan dengan nilai raport yang bagus.Padahal, kecerdasan itu banyak jenisnya.Banyak sudah yang terjadi didepan mata bahwa anak yang selalu mendapatkan nilai yang bagus disekolah belum tentu sukses dalam kehidupannya. Untuk itu, mengembangkan minat dan bakat yang sesuai untuk anak sejak dini sangat diperlukan untuk masa depan anak.

Pada usia 5 – 12 tahun adalah merupakan usia produktif untuk belajar. Untuk memulai belajar musik,disarankan dimulai dari piano, biola atau gitar. Diawal pembelajaran musiknya anak sebaiknya memulainya dari musik klasik, karena musik klasik merupakan dasar dari musik lainnya. Setelah mahir dalam musik klasik, maka anak pun dapat melanjutkan ke jenis musik lainnya seperti pop, jazz atau pun ke alat musik lainnya.

Manfaat Musik Bagi Pertumbuhan Anak

Manfaat Musik bagi pertumbuhan anak salah satu nya adalah mampu mempengaruhi perkembangan intelektual ,sosialisasi dan emosi anak. Dari hasil penelitan terbaru disimpulkan bahwa musik yang dapat memberi pengaruh positif pada perkembangan dan pertumbuhan anak adalah jenis musik yang berirama tenang dan  lembut.

Di Negara – negara maju, pelajaran musik sudah dimasukan dalam kurikulum pelajaran wajib, karena mereka sudah membuktikan bahwa pendidikan musik sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Ada 2 unsur musik yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak , yaitu :

  1. Musik yang mengandung nada pendek.
  2. Musik yang memiliki potensi tinggi rendah nada dan dinamika.

Sangat disarankan untuk anak – anak yang sudah mahir bermain musik agar mengaktualisasikannya dalam bentuk konser. Selain sebagai ajang evaluasi, dengan berani tampil ke atas panggung dalam konser, juga dapat membuat anak lebih percaya diri.

Tentu saja dukungan dari keluarga pun sangat dibutuhkan dalam mengembangkan kecerdasan bermusik pada anak usia 5 – 12 tahun ini. Tanpa dukungan keluarga, bisa jadi talentanya tidak bisa terasah dan akhirnya pun menghilang. Sayang sekali bukan ?