Kebutuhan Vitamin dalam Menu Makanan Anak Usia Sekolah

Keberadaan vitamin sebagai salah satu asupan gizi yang penting bagi anak adalah karena dibutuhkan dalam proses perkembangan dan pertumbuhan anak.  Defisiensi atau kekurangan vitamin pada anak akan menyebabkan terganggunya tumbuh kembang anak, bahkan bisa menimbulkan datangnya penyakit. Maka dari itulah, orang tua harus dapat memberikan kebutuhan vitamin dalam menu makanan anak usia sekolah.
Kebutuhan vitamin dalam menu makanan anak usia sekolah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut lemak dan vitamin yang larut di dalam air.

jeruk sumber vitamin cVitamin yang larut lemak adalah termasuk vitamin A dan vitamin D. Kebutuhan anak akan dua jenis vitamin ini amatlah penting. Vitamin A sangat penting peranannya dalam dalam kesehatan mata sedangkan vitamin D berperan dalam penyimpan dan penyerapan kalsium di dalam tulang di mana di masa perkembangan ini, pertumbuhan tulang terjadi dengan maksimal.

Makanan yang mengandung vitamin A diantaranya adalah tomat, wortel, dan juga stoberi. Sedangkan vitamin D dapat ditemukan di dalam jenis makanan laut seperti ikan dan juga susu. Jenis makanan inilah yang dapat selalu diberikan oleh orang tua kepada anaknya.

Sedangkan vitamin yang larut di dalam air adalah termasuk vitamin C. Vitamin C berperan untuk memberikan daya imun yang besar kepada anak sehingga anak tak akan mudah untuk terserang penyakit. Kandungan vitamin C dapat ditemukan di dalam jeruk, tomat ataupun jenis sayuran yang lain seperti paprika, atau brokoli.

Agar anak mendapat cukup vitamin untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya, pemberian makanannya harus beraneka ragam.  Sediakan minimal 5 jenis buah dan sayuran dalam menu makanan setiap hari.

karena kebanyakan adalah berasal dari buah dan sayur maka dapat diberikan sebagai makanan utama bagi anak. seperti sayur yang dapat pula diberikan di dalam menu utama anak. Buah akan lebih mudah untuk diberikan karena kebanyakan buah memiliki rasa yang manis yang disukai anak-anak .