Kebutuhan Mineral dalam Menu Makanan Anak Usia Sekolah

Mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk mengaktifkan banyak sekali reaksi enzim dalam proses metabolisme tubuh. Maka tidak heran jika kebutuhan mineral dalam menu makanan anak usia sekolah haruslah mendapatkan perhatian yang serius. Reaksi enzim yang terjadi di dalam tubuh manusia sangatlah penting bagi pemenuhan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Melalui reaksi tersebutlah berbagai zat yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dan menjaga metaboliesme tubuh.

Usia sekolah adalah usia dimana seorang anak membutuhkan banyak sekali asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai zat makanan akan diolah menjadi zat yang dibutuhkan oleh tubuh setelah terjadi reaksi dengan enzim. Reaksi enzim tersebut bisa terjadi dengan adanya bantuan mineral yang diperoleh dari luar.

mineralBerikut adalah beberapa macam kandungan mineral dalam makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam masa perkembangan yakni usia sekolah.

Kalsium. Di masa pertumbuhan anak usia sekolah sangatlah membutuhkan mineral ini. karena kalsium adalah mineral yang baik untuk tulang dan gigi. Kandungan kalsium dapat diperoleh di dalam susu dan produk olahnnya seperto yoghurt dan keju serta ayam dan brokoli.

Magnesium. Kandungan kalsium yang ada di dalam tubuh ditambah dengan magnesium akan memberikan dampak yang lebih baik karena magnesium berperan untuk memperkuat tulang dan juga fungsi lainnya untuk pengaturan denyut nadi, sarat dan juga otot. Makanan yang mengandung magnesium ini adalah susu dan juga produk olahannya serta di dalam kacang-kacangan dan ayam atau brokoli.

Zat besi. Mineral jenis ini amat berpengaruh di dalam sistem peredaran darah kita. Karena zat besi akan mengatur darah yang akan membawa oksigen ke dalam setiap sel yang ada di dalam tubuh kita. Selain itu, juga sangat berpengaruh di dalam pertumbuhan dan pemeliharaan sel tubuh. Kandungan zat besi yang tinggi dapat diperoleh di dalam daging ataupun ikan yang dapat dikonsumsi setiap harinya untuk anak-anak.

Itulah beberapa kebutuhan mineral dalam menu makanan anak usia sekolah yang sebaiknya diberikan oleh orang tua untuk mendukung proses pertumbuhan mereka.