Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Gigi Anak

Memiliki anak dengan gigi yang indah menjadi dambaan semua orang tua, oleh karena itu diperlukan pengetahuan khusus tentang kebiasaan merawat gigi anak agar nantinya gigi bisa tumbuh dengan teratur. Gigi yang tumbuh teratur dan sehat terawat akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak maupun orang tuanya. Namun seringkali kita tidak menyadari bahwa ada kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak gigi anak. Jika dibiarkan terus menerus, maka kebiasaan tersebut bisa menjadi pemicu perubahan bentuk struktur gigi atau bahkan menyebabkan kerusakan gigi secara permanen.

Kebiasaan apa saja yang dapat merusak struktur gigi anak?

  • Memberikan dot pada anak. Kebiasaan buruk itu biasanya diberikan untuk menenangkan anak, padahal bentuk dot yang tidak sesuai dengan bentuk ortodonti bisa menjadi penyebab anak menjadi tongos/mrongos.
  • Tidak membersihkan sisa susu yang menempel pada gigi anak. Kebiasaan buruk tersebut memicu gigi keropos karena adanya pengasaman sisa susu yang menempel pada gigi anak.
  • Melembutkan makanan anak. Kebiasaan tersebut memiliki dampak yang kurang baik terhadap pertumbuhan rahang anak.
  • Kebiasaan malas mengkonsumsi sayur dan buah membuat pertumbuhan gigi anak menjadi tumpang tindih dan tidak beraturan karena dengan mengkonsumsi makanan berserat sama artinya dengan mendukung pertumbuhan rahang dengan baik.

Apa yang bisa dilakukan orang tua agar anak-anaknya memiliki gigi yang sehat dan teratur?

  • Merawat gigi anak sejak munculnya gigi susu. Mungkin sebagian orang berpendapat tidak perlu terlalu intensif dalam merawat gigi susu karena nantinya gigi susu akan tanggal dan digantikan gigi tetap. Sungguh, pendapat tersebut adalah salah karena keberadaan gigi susu yang sehat menjadi penentu letak gigi tetap yang bagus dan sehat pula.
  • Sedini mungkin mengenalkan anak pada sikat gigi.
  • Jangan pernah segan mengkonsultasikan kepada dokter mengenai pertumbuhan gigi anak sehingga akan secepatnya mendapatkan solusi jika terjadi masalah pada gigi anak.

Ternyata, peran orang tua sangat besar terhadap pertumbuhan gigi anak sehingga mereka harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak gigi anak.