Kandungan Nutrisi Pada Ikan Laut

Siapa yang tak suka ikan laut? Hampir sebagian besar orang menyukai ikan laut. Sumber protein hewani yang berasal dari laut ini sangat baik bagi tubuh terutama demi memenuhi kebutuhan protein dan mineral tubuh. Kandungan nutrisi pada ikan laut sangat baik bagi anak dalam masa pertumbuhan terutama bagi perkembangan kecerdasan otak anak.

Masyarakat Jepang memiliki otak yang cerdas karena makanan sehari-harinya adalah ikan laut. Kandungan omega-3 dan minyak ikan pada ikan laut mampu meningkatkan kecerdasan otak manusia.

Beberapa kandungan nutrisi pada ikan laut adalah:

  1. Protein
    Protein dalam ikan laut memiliki kandungan lysine yang dapat membantu proses pencernaan, sehingga proteinnya dapat lebih mudah dicerna tubuh. Protein ini sangat baik bagi pertumbuhan anak-anak dan regenerasi sel pada orang dewasa. Protein juga berperan dalam membantu tumbuh kembang bayi dan balita. Kandungan protein dalam ikan lebih aman dibandingkan protein pada daging merah. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan terkena penyakit jantung akibat kelebihan memakan ikan
  2. Omega-3
    Omega-3 merupakan suatu zat yang banyak ditemui pada ikan laut. Zat ini berguna untuk meningkatkan kecerdasan sel otak dan meningkatkan kemampuan retina dalam melihat karena kandungan EPA dan DHA-nya. Omega-3 hanya dapat dijumpai pada minyak ikan, ikan air tawar dan ikan laut. Kandungan omega-3 pada ikan salmon dan tuna lebih tinggi dari pada kandungan ikan laut lainnya, salmon juga relatif lebih kecil kemungkinan tercemar logam berat karena salmon hidup di perairan yang dalam
  3. Vitamin
    Vitamin merupakan zat yang sangat penting bagi pertumbuhan. Vitamin tidak hanya terdapat pada buah dan sayuran, namun ikan laut juga mengandung vitamin B kompleks, taurin dan selenium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuh dan sebagai antioksidan alami.
  4.  Mineral
    Ikan laut kaya akan mineral terutama yodium dan kalsium, sehingga ikan laut sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi .
  5. Bio active
    yang berfungsi untuk meningkatkan vitalitas tubuh
  6. Asam lemak tak jenuh
    Asam lemak tak jenuh merupakan salah satu kandungan nutrisi pada ikan laut. Asam lemak ini mampu merangsang kecerdasan otak dan meningkatkan daya ingat.