Kandungan Gizi Pada Jagung

Tahukah anda bahwa ternyata selain rasanya yang lezat, Kandungan Gizi Pada Jagung juga sangat baik bagi tubuh anda dan anak? Tanaman jagung ini termasuk salah satu bahan pangan yang ada hampir di seluruh dunia. Bentuknya yang unik berbiji-biji dan rasanya yang enak membuat para petani rajin untuk mengembangkan budidaya jagung. Bukan hanya itu saja, tanaman ini sangat mudah diolah menjadi sebuah masakan seperti sebagai lauk dalam sayuran bayam, jagung bakar sampai dengan dadar jagung.

Jagung yang memiliki nama lain Zea Mays L ini berdasarkan data pangan dunia ternyata merupakan salah satu bahan pangan yang penting setelah kebutuhan gandum dan padi. Di bagian Amerika Tengah dan Selatan, jagung sudah sangat dikenal sebagai sumber karbohidrat utama mereka dan bahkan di Amerika Serikat sendiri jagung menjadi salah satu pilihan sumber makanan yang sangat direkomendasikan. Di negara Indonesia sendiri, jagung juga sudah dijadikan sebagai makanan pokok oleh penduduk Madura dan Sumatra serta merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Ini menyatakan bahwa jagung memang sangat diminati di seluruh dunia.

Apa saja Kandungan Gizi Pada Jagung?

Banyak orang yang sangat menyukai jagung belum menyadari bahwa makanan mereka menjadi salah satu penyebab mengapa tubuh mereka selalu terasa sehat dan fit. Ya, kandungan nutrisi pada jagung ini memang bervariasi dan hampir semuanya sangat menguntungkan tubuh anak anda. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada jagung antara lain :

 

  1. Sumber kalori, dimana jagung memang salah satu makanan yang memiliki kalori cukup tinggi. Dalam 100 gram jagung , bisa didapatkan sekitar 342 kalori yang tentunya cukup baik untuk memenuhi kebutuhan beraktifitas sehari-hari.
  2. Serat pada jagung juga cukup tinggi. Ya, sekitar 1 cangkir jagung yang sudah anda kupas akan mampu memenuhi sekitar 18% kebutuhan serat  dalam sehari.
  3. Tanaman jagung ini juga diketahui memiliki banyak kandungan vitamin B khususnya Thiamin dan juga Niasin, dimana kedua zat ini berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh sepanjang hari.
  4. Jagung juga memiliki kandungan mineral yang cukup banyak dan bervariasi seperti magnesium, fosfor, besi, tembaga, seng, mangan dan juga selenium.

Manfaat Kandungan Gizi Pada Jagung

Beberapa kandungan gizi diatas bukan hanya bisa membuat badan selalu terasa segar dan berenergi saja, melainkan juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai penyakit. Kalori pada jagung sangat penting bagi anak yang ingin meningkatkan berat badannya, namun memang tidak disarankan pada anak yang sudah gemuk untuk mengkonsumsi berlebihan. Serat pada jagung sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya masalah dibagian pencernaan. Vitamin B pada jagung sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan juga mencegah terjadinya anemia (kekurangan darah).

Berbagai macam mineral pada jagung berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang dan juga denyut jantung. Kandungan dalam jagung juga ada yang diketahui berfungsi sebagai anti-oksidan dimana tugasnya adalah menghadang segala zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dengan fakta-fakta seperti ini apa anda masih meragukan kehebatan jagung?