Kandungan Gizi Dalam Kacang Hijau

Apakah anda mengetahui bahwa dalam semangkuk kacang hijau yang biasa kita makan memiliki kandungan gizi dalam kacang hijau yang sangat besar. Selain memiliki rasa yang enak dan lembut tentunya juga memiliki kandungan protein yang tinggi ketiga setelah kedelai dan kacang merah. Buah hati anda yang berusia 6 bulan ke atas dan telah siap mengkonsumsi MPASI sangat memerlukan makanan yang bernutrisi yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Tanggung jawab Anda adalah memberikan nutrisi dan gizi yang di butuhkan oleh anak anda untuk berkembang.

Apa Saja Kandungan Gizi dalam Kacang Hijau?

Semua jenis makanan yang diolah dari kacang hijau merupakan makanan yang bernutrisi untuk bayi serta dapat dimasukkan dalam menu harian bayi berusia 6 bulan ke atas. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi kacang hijau juga menghasilkan kalori yang tinggi, selain itu juga kacang hijau ini mengandung mineral potassium yang tinggi yang berguna bagi kesehatan sang bayi.

Jika memang kacang hijau sehebat itu, mungkin Anda penasaran apa saja yang terkandung di dalamnya. Menurut info dari situs Nutrition Data di dalam 104 gr kacang hijau terkandung kalori, low fat atau lemak berkadar rendah yang tidak menghasilkan kolesterol, karbohidrat, fiber dan gula. Oleh karena itu, penderita diabetes mungkin harus membatasi konsumsi kacang hijau, namun bayi apalagi dalam usia pertumbuhan, kandungan  gula ini justru sangat penting dan dibutuhkan tubuhnya untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu juga kacang hijau mengandung potasium yang dapat membantu kerja sistem syaraf dan jantung, vitamin C serta zat besi.  Bayi yang mengalami kekurangan zat besi akan mengalami kelemahan fungsi kognitif karena zat besi diperlukan untuk metabolisme neurotransmitter dan fungsi memori sehingga anak tidak mengalami gangguan pemusatan perhatian, kecerdasan dan prestasi belajarnya. Kekurangan zat besi juga menurunkan fungsi kekebalan tubuh sehingga membuat bayi anda rentan terhadap infeksi dan memicu terjadinya gejala anemia. Zat besi hanya dihasilkan tubuh sampai bayi berumur 4 bulan, setelah itu zat besi ini harus dikonsumsi melalui makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Banyaknya Manfaat Dari Kandungan Gizi Dalam Kacang Hijau

Kacang hijau yang murah, mudah didapat dan sederhana dalam pengolahannya itu ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat besar.  Segala kelebihan dari kacang hijau inilah yang membuat kita sebaiknya memasukkannya dalam diet harian bayi agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.