Jenis Makanan Anak yang Menimbulkan Alergi

Sesaat setelah makan kerang, tubuh dan muka anak menjadi terlihat bengkak, kulitnya memerah dan terlihat benjolan sana sini. Waspadai hal itu, karena kemungkinan anak Anda terkena alergi makanan laut. Memang bila belum pernah terkena terlebih dahulu, Anda masih meraba sebab keadaan anak, terkena sengatan serangga atau yang lain. Namun setelah ditelusuri dan beberapa kali mengamati barulah Anda sadar. Untuk itu perlu memahami jenis makanan anak yang dapat timbulkan alergi.

Gluten
Gluten adalah protein yang banyak ditemui pada biji-bijian namun sejenis gandum. Gandum hitam, gandum oat, dan gandum barley. Untuk anak-anak yang alergi sejenis ini sebaiknya ibu mencari makanan yang berlabel “bebas gluten”.

Jenis kacang-kacangan
Ternyata kacang mete, kenari, kacang tanah bahkan kacang kedelai pun sering menimbulkan alergi pada anak. Untuk itu, kenali dari jenis kacang apa saja yang dimungkinkan terjadinya alergi. Dan jangan coba-coba beri kacang-kacangan pada bayi yang belum bisa mengunyah agar resiko tersedak dapat terhindari.

Makanan Laut
Ikan, kerang, kepiting, cumi, udang dan segala hasil laut bisa membuat seorang anak alergi. Tapi bukan berarti alergi cumi, pasti alergi udang dan seterusnya. Perhatikan dengan seksama jenis makanan laut anak apa yang buat alergi, karena dalam ikan terdapat protein yang besar.

Telur dan ayam
Untuk jangan salah kaprah terhadap dua jenis makanan ini, tak selamanya orang yang alergi telur, pasti alergi ayam dan turunannya dan sebaliknya. Bahan makanan lain seperti roti atau masakan yang mengandung telur seperti perkedel juga tak mesti jadi alergi walau anak alergi telur.

Segala jenis susu
Bisa susu sapi maupun susu kambing atau susu kedelai sekalipun. Alergi ini juga bisa produk olahan dari susu, misalnya es krim, atau roti.

Buah-buahan
Memang agak aneh terdengar buah bisa bikin alergi, namun pada anak-anak hal ini bisa terjadi. Strawberry dan tomat adalah contohnya. Juga wijen, seledri dan makanan yang mengandung pengawet sulfur dioksida dan sulfit.

Dengan kenali jenis makanan anak yang menimbulkan alergi diharapkan orang tua lebih tanggap dalam pencegahannya.