Jenis-Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda

Apa sajakah Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda? Mengapa?

Apa yang dikonsumsi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Bayi terlahir sehat kuat serta tepat pada masa kelahiran merupakan efek dari kebiasaan ibu mengkonsumsi makanan sehat yang penting bagi kehamilan serta menjalankan gaya hidup sehat bagi ibu hamil lainnya, seperti senam hamil dan memperhatikan jenis-jenis Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda.

Khususnya pada trimester pertama, masa yang paling rawan bagi setiap kehamilan, asupan nutrisi yang seimbang akan menjaga kesehatan ibu dan bayi dan menjauhkan mereka dari bahaya keguguran. Namun, selain mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, ada beberapa makanan yang harus dihindari selama hamil muda. Alasannya sama, untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi dan menjauhkan mereka dari resiko bahaya selama kehamilan.

Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda

makanan kalenganSelain mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan serta mengoptimalkan kondisi ibu selama masa kehamilan, perlu diketahui bahwa ibu juga harus mengetahui jenis-jenis Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda agar terhindar dari zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan kontraksi atau gangguan kehamilan lainnya.

Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari selama hamil muda:

1. Daging dan Ikan Mentah

Mengapa daging dan ikan mentah termasuk jenis Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda. Mengapa? Bukankah kadar protein yang terkandung jauh lebih besar daripada yang telah dimasak? Begitulah pertanyaan yang timbul ketika mengetahui makanan seperti Shasimi tidak baik bagi ibu hamil. Pasalnya, ikan dan daging mentah banyak mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella dan toxoplasma. Salmonella sangat berbahaya karena dapat menyebabkan tetanus dan tifus yang dapat berujung pada kematian.

2. Telur Mentah

Telur mentah memiliki kemungkinan yang sama dengan daging dan ikan mentah untuk terkandung bakteri berbahaya Salmonella atau E.Coli yang dapat mengakibatkan kematian melalui serangan penyakit tifus sehingga termasuk dalam jenis Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda.

3. Soft Cheese

Beberapa jenis keju yang dibuat dari susu tanpa melalui proses pasteurisasi dilarang dikonsumsi ibu hamil karena dapat menjadi perantara bakteri Salmonella. Selain itu, beberapa keju impor ditengarai mengandung bakteri yang disebut Listeria. Bakteri ini termasuk ke dalam makanan yang harus dihindari selama hamil muda karena kemampuannya menyebabkan pendarahan yang berakibat pada keguguran.

4. Makanan Manis

Meskipun bukan merupakan penyebab utama diabetes gestasional, mengkonsumsi makanan dan minuman manis setiap saat dapat menyebabkan obesitas. Dampaknya, kadar gula dalam darah yang tinggi akan membuat panckreas bekerja lebih keras yang berakhir dengan ketidak mampuan memproduksi insulin.

5. Makanan Kaleng (tuna, kornet)

Makanan berkaleng yang sudah pasti mengandung bahan pengawet sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan termasuk jenis Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda. Zat pengawet yang terendap dalam tubuh lama-kelamaan akan berubah menjadi karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu kandungan MSG dapat mengakibatkan cacat mental dan fisik pada janin.

6. Kopi

Konsumsi kopi lebih dari 150 mg/ hari oleh ibu hamil dapat mengakibatkan terjadinya keguguran pada trimester pertama. Selain itu, ekskresi kalsium yang dilakukan kafein yang terkandung dalam kopi akan membuat kondisi stamina ibu hamil menurun.

Makanan Penting Bagi Kehamilan

Selain memperhatikan apa saja Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda dan apa saja yang dapat memicu gangguan kehamilan, ibu hamil juga harus memiliki kesadaran terhadap nutrisi yang mendukung masa kehamilannya.

Berikut ini adalah makanan yang wajib dikonsumsi setiap ibu hamil beserta manfaatnya:

- Seafood

Dikenal mengandung banyak protein, seafood sangat baik bagi perkembangan otak janin. DHA dan Omega 3 yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak dapat didapat dengan mengkonsumsi berbagai macam seafood antara lain udang, cumi, serta ikan laut lainnya.

- Sayuran hijau

Sayuran merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda yang keberadaannya tidak bisa digantikan. Tidak hanya untuk ibu hamil, manfaat sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi dapat menghindarkan kita dari penyakit anemia atau kurang darah. Pada ibu hamil, konsumsi sayuran hijau tidak hanya dapat menghindarkan mereka dari anemia tetapi juga sangat baik sebagai sumber asam folat untuk mencegah cacat otak dan tulang belakang.

- Yogurt

Yogurt merupakan alternative yang bagus bagi ibu hamil yang tidak suka minum susu. Rasanya yang asam dapat mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Selain itu, terkandung banyak nutrisi penting bagi ibu hamil yaitu protein, Zinc, vitamin B, serta kalsium yang baik bagi janin.

- Berries

Keluarga berries yang terdiri dari strawberry, blueberry, serta raspberry mengandung banyak vitamin C yang sangat baik bagi pertahanan kesehatan ibu hamil. Selain itu, keluarga buah-buahan ini juga mengandung potassium, folat, serat serta zat anti-oksidan.

Demikian mengenai Makanan Yang Harus Dihindari Selama Hamil Muda dan yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan, semoga berguna.