Isi Kotak Obat Keluarga

Setiap keluarga pasti memiliki apotik mini di rumah atau bisa disebut kotak obat. Lalu, apa sajakah isi kotak obat keluarga tersebut? Jawabannya tentu sangat beragam, tergantung apa saja yang biasa dibutuhkan oleh masing-masing keluarga. Namun terlepas dari itu semua, keberadaan kotak obat dalam keluarga sangatlah penting karena sewaktu-waktu Anda pasti membutuhkan.

Dr. Farid Maulana yang merupakan Anggota Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, menghimbau setiap keluarga agar memiliki kotak obat keluarga yang didalamnya harus terdapat lima jenis obat. Beliau juga menambahkan bahwa isi kotak obat keluarga memiliki standart tersendiri. Lalu, apa sajakah kelima jenis obat itu? Berikut ini uraian dari Dr. Farid mengenai kelima jenis obat tersebut, di antaranya :

  • Obat analgetik yang berfungsi sebagai penghilang atau pereda asa nyeri. Obat analgetik tersedia dalam beberapa bentuk, yakni gel dan salep yang keduanya memiliki khasiat yang hamper sama.
  • Obat Antihistamin yang berfungsi untuk mengatasi reaksi alergi pada beberapa orang yang disebabkan reaksi tubuh yang berlebihan terhadap alergen.
  • Obat Anti diare, obat ini sangat penting di siapkan untuk kebutuhan mendadak. Diare seringkali menyebabkan seseorang lemas, sehingga sangat diperlukan pemberian obat secepatnya.
  •  Perlengkapan P3K, seperti perban gulung, kain kasa, cairan antiseptick, plester luka, dan masih banyak yang lainnya. Kita harus memperhatikan kelengkapan isi kotak obat keluarga, jangan sampai kita kebingungan mencari obat di saat keluarga kita mengalami kecelakaan kecil.

Menurut Dr. Farid, adrenalin dan epinephrine yang berfungsi untuk menangani serangan jantung yang diberikan dengan cara suntik. Kedua obat ini tidak bisa dipakai sembarangan atau harus sesuai dengan resep dokter. Dulu, kedua obat ini termasuk golongan obat yang harus ada di kotak obat keluarga, namun ada baiknya jika ada anggota keluarga yang terkena serangan jantung untuk segera membawanya ke UGD untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Selain kelima obat di atas, tidak ada salahnya kalau Anda menyediakan beberapa obat lain yang seringkali dibutuhkan anggota keluarga, seperti Inhaler untuk meringankan derita asma, balsam untuk pegal dan capek, minyak kayu putih untuk mengatasi perut kembung, dan beberapa obat yang terbukti aman digunakan. Nah, sebelum mengisi kotak obat keluarga, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini :

  • Hendaknya tidak gegabah saat membeli obat meskipun obat tersebut merupakan resep dokter karena bisa jadi obat tersebut dijual bebas di apotek.
  • Disarankan untuk membeli obat-obatan yang aman dan tidak menimbulkan alergi
  • Konsultasikan ke dokter mengenai obat apa sajakah yang harus tersedia di rumah.