Informasi Pentingnya Gizi Pada Balita

Informasi mengenai Pentingnya Gizi Pada Balita merupakan sebuah informasi yang sangat perlu untuk bunda perhatikan dan terapkan pada balita bunda.

Mengapa setiap bunda wajib dan harus mengerti Pentingnya Gizi Pada Balita? Rentang usia antara 1 hingga 5 tahun atau yang biasa kita kenal dengan balita adalah merupakan masa di mana anak mengalami pertumbuhan terbesarnya sepanjang hidupnya. Mengapa demikian? Karena apa yang ia capai pada masa balitanya itu akan menjadi dasar bagi tumbuh kembangnya di masa-masa mendatang.

Itulah sebabnya setiap bunda harus mengerti betapa Pentingnya Gizi Pada Balita dan segera menerapkan pola makan sehat dan seimbang bagi balitanya.

Dampak Buruk Jika Mengabaikan Pentingnya Gizi Pada Balita

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya. Hal ini juga berlaku dalam hal memberikan makanan dan asupan gizi yang baik bagi balitanya. Sayangnya, seringkali pengetahuan akan Pentingnya Gizi Pada Balita masih belum sepenuhnya dimengerti oleh banyak orang tua, terutama mereka yang hidup di daerah terpencil dan pelosok.

Ada berbagai alasan mengapa orang tua tidak dapat memberikan asupan gizi yang baik dan seimbang untuk buah hatinya yang masih berusia balita, antara lain:

  1. Faktor ketidaktahuan.
    Dalam hal ini karena latar belakang pendidikan yang rendah sehingga kurang mengerti Pentingnya Gizi Pada Balita. Asal si anak kenyang sudah cukup.
  2. Faktor Ekonomi.
    Orang tua yang memiliki pendapatan terbatas sehingga tidak mampu membeli mau pun memberikan asupan gizi terbaik bagi buah hatinya yang masih berusia balita.

Dengan tidak memberikan asupan gizi seimbang, maka dapat dipastikan bahwa tumbuh kembang si anak akan terganggu. Hal ini juga akan membawa pengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangannya kelak.

Solusi Untuk Memenuhi Pentingnya Gizi Pada Balita

Salah satu solusi yang disediakan pemerintah untuk mengatasi masalah di atas sehingga setiap orang tua tidak hanya mengerti Pentingnya Gizi Pada Balita tetapi juga mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk balitanya adalah melalui posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu. Di sini setiap bulan balita akan dipantau perkembangannya mulai dari berat badan hingga pertumbuhan fisiknya. Posyandu juga melayani imunisasi bagi balita karena di setiap posyandu akan didampingi oleh seorang dokter maupun konsultan kesehatan sehingga masyarakat dapat bertanya mengenai kesehatan terutama yang berhubungan dengan bayi dan balita. Selain itu posyandu juga menyediakan makanan kaya gizi bagi setiap balita yang datang.

Memahami betapa Pentingnya Gizi Pada Balita tidak hanya cukup dengan mengertinya saja tetapi harus diwujudkan dalam tindakan dengan memenuhi kebutuhan balita bunda dengan asupan gizi seimbang.