Imunisasi DPT pada Anak

DPT (Diphteria, Pertusis dan Tetanus) merupakan jenis penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Diphteria termasuk jenis penyakit yang menyerang selaput lendir tenggorokan dan bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf. Pada kasus yang berat serangan bakteri diphtheriae akan mengakibatkan terbentuknya membran putih keabu-abuan dan akan menghambat saluran pernapasan.

Pertusis atau batuk rejan, disebut juga batuk 100 hari, adalah jenis penyakit yang menyebabkan terganggunya sistem pernapasan akibat lendir yang menutupi paru-paru, sehingga bisa memicu gagal napas. Tetanus adalah suatu jenis penyakit berbahaya yang menyerang susunan syaraf pusat dan meneyebabkan penderitanya mengalami kejang otot hingga kegagalan pernapasan.

Ketiga jenis penyakit ini merupakan jenis penyakit berbahaya yang utamanya menyerang sistem syaraf dan pernapasan dan bisa menyebabkan kematian. Untuk menghindari terjangkitnya penyakit ini, ada baiknya dilakukan tindakan pencegahan berupa pemberian imunisasi DPT pada anak.

Imunisasi DPT pada anak: keuntungan

Pemberian imunisasi yang biasanya digratiskan oleh pemerintah sesuai dengan jadwal imunisasi anak, merupakan tindakan pencegahan yang paling efektif dibandingkan dengan tindakan pengobatan yang harus dilakukan ketika anak benar-benar terjangkit salah satu jenis penyakit ini. Berikut ini beberapa keuntungan pemberian imunisasi DPT pada anak, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Cegah kematian. Penyakit diphteria, pertusis dan tetanus merupakan jenis penyakit berbahaya yang mengakibatkan kematian bagi penderitanya dan terutama terjadi pada negara berkembang atau negara miskin yang jarang mewajibkan imunisasi bagi penduduknya.
  2. Tingkatkan kekebalan. Pemberian imunisasi DPT bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika seandainya bakteri penyakit tersebut menyerang. Peningkatan sistem imun tubuh ini akan memberikan dampak serangan yang relatif tidak berbahaya.
  3. Memperingan gejala serangan. Pemberian imunisasi akan memperingan gejala serangan infeksi bakteri DPT, sehingga tidak menyebabkan anak menderita atau rewel ketika anak benar-benar terjangkit serangan penyakit ini.

Itulah beberapa keuntungan pemberian imunisasi DPT pada anak. Dengan makin meningkatnya serangan diphteri, terutama yang menyerang daerah jawa timur dan penularan penyakit yang relatif mudah menyebar melalui udara, ada baiknya agar tidak terjadi endemi, kesadaran para penduduk tentang pentingnya imunisasi harus lebih ditingkatkan. Semoga bermanfaat.