Hubungan Perkembangan Emosi Anak Dengan Perkembangan Kecerdasan Spiritual

Hubungan atara perkembangan emosi anak dengan perkembangan kecerdasan spiritual sangatlah dekat hanya saja beberapa orang tua cenderung mengabaikan kecerdasan spiritual anak-anak mereka. Alasannya bisa sangat beragam karena mereka terlalu sibuk sehingga hanya punya cukup waktu untuk mengirim anak-anak mereka ke lembaga-lembaga pendidikan terkenal tanpa memikirkan kebutuhan spiritual mereka. Secara teori baik kecerdasan mental, emosi dan spiritual haruslah seimbang namun praktiknya orang-orang tidak memahami hal ini bahkan beberapa belum tahu tentang apa makna kecerdasan spiritual dan seberapa penting kecerdasan tersebut jika dibandingkan dengan kecerdasan mental dan emosi.

Pengertian Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Dengan Perkembangan Kecerdasan Spiritual

Awalnya orang hanya fokus pada kecerdasan mental saja yang dikenal dengan IQ kemudian fokus manusia juga berkembang pada kecerdasan emosi yang juga dikenal dengan singkatan EQ. Akhir-akhir ini muncul istilah baru yaitu EQ yang berhubungan dengan kecerdasan spiritual. Apa itu kecerdasan spiritual? Jika seseorang memiliki kecerdasan spiritual maka dia akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengoptimalkan kecerdasan yang lainnya (IQ dan EQ). Oleh karena itu erat sekali hubungan Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Dengan Perkembangan Kecerdasan Spiritual. Dengan memiliki kecerdasan spiritual seseorang akan lebih mampu melihat sesuatu diluar kepentingan dirinya sendiri oleh karena itu mereka akan lebih mudah menilai nilai-nilai moral yang berkembang di masyarakat sehingga segala keputusan yang dibuat juga dipertimbangkan berdasarkan pada kemampuan seseorang menilai lewat batin dan kejiwaan.

Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Dengan Perkembangan Kecerdasan Spiritual Lewat Agama

Pendidikan agama dianggap perlu untuk membantu meningkatkan kecerdasan spiritual seorang anak. Karena hanya lewat pendidikan agama seorang anak dapat diajarkan mengenai nilai-nilai moral dasar. Oleh karena itu jangan mengabaikan kebutuhan akan pendidikan agama untuk anak dan orang tua harus berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai itu karena orang tua akan menjadi contoh untuk anak-anak mereka. Orang tua yang memiliki budaya spiritual dirumah akan sedikit banyak membantu kecerdasan spiritual seorang anak sehingga ketika seorang anak sudah tumbuh besar dan meninggalkan rumah kebiasaan itu akan tetap selalu mereka bawa.

Sudah saatnya bagi setiap orang tua untuk memahami dan tidak hanya tahu tentang apa itu kecerdasan mental, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Yang lebih penting lagi, para orang tua harus tahu pentingnya peranan dan adanya hubungan antara perkembangan emosi anak dengan perkembangan kecerdasan spiritual.