Hubungan Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak Usia 5-12 Tahun

Keluarga merupakan orang yang paling dekat dan paling bertanggung jawab terhadap perilaku masa depan anak khususnya untuk anak usia 5 hingga 12 tahun. Karena dari keluargalah anak belajar membentuk emosi dan karakter dirinya sendirinya. Jadi, sangat penting menjaga hubungan komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak usia 5-12 tahun demi tercipta masa depan yang baik dan damai.

Pentingnya Menjaga Hubungan Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak Usia 5-12 Tahun

Pentingnya menjaga komunikasi kepada anak usia 5 hingga 12 tahun akan mengajarkan anak selalu terbuka dan terhindar dari kesalahpahaman di masa yang akan datang. Apalagi dari komunikasi juga anak akan banyak belajar tentang suasana keakraban dan keharmonisan di dalam keluarga sehingga nantinya akan selalu tercipta suasana lingkungan yang menyenangkan dan nantinya akan membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi sangat baik.

Selain itu, menjaga komunikasi di dalam keluarga akan membantu meningkatkan perkembangan emosi anak terutama pada anak berusia 5 hingga 12 tahun ke arah yang lebih baik sehingga dampaknya adalah tercipta sebuah hubungan yang saling menerima, yang saling menghargai dan yang pasti akan selalu saling menyayangi. Dan inilah pentingnya menjaga hubungan komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak usia 5-12 tahun.

Cara Menjaga Hubungan Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak Usia 5-12 Tahun

Walau memiliki hubungan darah, tetapi masing-masing anggota keluarga memiliki kepribadian yang unik. Bahkan memiliki sifat emosi yang berbeda-beda. Agar komunikasi bisa berjalan dengan baik, Anda harus mengetahui sifat emosi setiap anggota keluarga Anda terutama pada anak Anda yang berusia 5 hingga 12 tahun yang masih belum bisa mengontrol emosi.

Cara menjaga hubungan komunikasi terhadap anak Anda adalah Anda harus rajin mendengar tanpa memalingkan wajah ketika anak Anda sedang berbicara. Jangan lupa untuk selalu melakukan kontak mata atau mendekatkan diri secara fisik agar suasana hubungan semakin dekat. Dan biasanya cara ini masih banyak yang tidak memperdulikan padahal cara ini merupakan satu-satunya cara yang paling ampuh untuk menjaga hubungan komunikasi.

Walau sekarang teknologi komunikasi semakin canggih, teruslah untuk menjaga hubungan komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak usia 5-12 tahun demi keharmonisan hubungan di masa yang akan datang.