Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perkembangan Emosi Anak

Bagaimanakah hubungan antara kepercayaan diri dengan perkembangan emosi anak? Emosi merupakan pemegang peranan penting dalam perkembangan seorang anak. Hal ini dikarenakan emosi dapat menentukan bagaiamana perilaku anak tersebut di masa depan. Selain itu, emosi juga dapat berpengaruh terhadap bagaimana si anak akan menjalani kehidupannya nanti. Emosi anak sangat erat kaitannya dengan emosi yang dimiliki orang tuanya dan juga lingkungan sekitarnya. Seorang anak dengan orang tua dan lingkungan yang memiliki emosi positif akan cenderung memiliki emosi yang positif pula, demikian pula sebaliknya. Banyak sekali hal yang berkaitan dengan perkembangan anak sangat bergantung pada kecerdasan emosi yang dimiliki anak tersebut. Misalnya saja, kemampuan si anak dalam mengelola emosi negatif yang dimilikinya menentukan bagaimana perkembangan kognitif, afektif, dan juga sosial bagi si anak.

Mengapa Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perkembangan Emosi Anak Penting?

Salah satu penyebabnya adalah karena emosilah yang menentukan tindakan apa yang akan dilakukan oleh tubuh seseorang. Misalnya, seorang anak dengan emosi negatif berupa kemarahan akan membanting barang-barang di sekitarnya karena tindakan tersebutlah yang “diperintahkan” untuk dilakukan oleh emosi berupa kemarahan. Selain menentukan aktivitas fisik, emosi juga menentukan aktivitas mental yang dilakukan anak. Misalnya saja, kegiatan-kegiatan mental seperti berkonsentrasi dan berpikir, keduanya sangat dipengaruhi oleh kestabilan emosi si anak.

Bila emosi anak tidak stabil, maka anak akan sulit berkonsentrasi dan berpikir. Hal ini dapat berujung pada kesulitan si anak dalam belajar dan mengejar prestasi di sekolahnya maupun di lingkungan sosial. Melihat betapa pentingnya kestabilan emosi serta kecerdasan emosi yang baik bagi anak Anda, maka Anda sebagai orang tua sudah sewajarnya untuk mengembangkan emosi anak Anda ke arah yang positif. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa perkembangan emosi anak ini sangat bergantung pada emosi yang dimiliki orang tua, maka seharusnya Anda menciptakan lingkungan dengan emosi yang positif untuk perkembangan emosi positif anak. Lalu bagaiamana lingkungan positif dapat dibentuk? Dapatkah lingkungan tersebut diciptakan? Jawabannya, tentu saja bisa. Salah satu caranya adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri anak Anda. Nah, mungkin Anda akan langsung bertanya-tanya, apa hubungan antara kepercayaan diri dengan perkembangan emosi anak Anda? Keduanya justru berhubungan sangat erat.

Benarkah Ada Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perkembangan Emosi Anak?

Hubungan antara kepercayaan diri dengan perkembangan emosi anak, adakah? Jawabannya, tentu saja ada. Sudah banyak sekali penelitian tentang kecerdasan emosional yang dikaitkan dengan kepercayaan diri seseorang. Keduanya bahkan sering dijadikan sebagai dua faktor utama yang tak terpisahkan dalam menuju kesuksesan.

Apa hubungan antara kepercayaan diri dengan perkembangan emosi anak? Nah, kecerdasan emosi sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, mengelola dan juga mengekspresikan perasaan yang ia rasakan. Seorang anak yang percaya diri, tentunya akan lebih mudah dalam mengenali, memahami, mengelola dan juga terutama mengekspresikan apa yang ia rasakan. Karena itu, sudah jelas apabila seorang anak memiliki kepercayaan diri yang tinggi maka emosi yang ia miliki akan berkembang secara positif pula. Perkembangan ini tidak hanya sampai di situ, karena perkembangan emosi anak ini nantinya akan mempengaruhi baik kesehatan fisik maupun mental anak. Nah, sudah jelas bukan betapa eratnya hubungan antara kepercayaan diri dengan perkembangan emosi anak.