Hindari Cedera Mata pada Anak

Begitu banyaknya manfaat mata, oleh karena itu suatu kewajiban bagi setiap orang untuk menjaga dan merawat mata dengan sebaik mungkin. Mata rentan terhadap berbagai macam kondisi yang tidak aman  termasuk cedera mata. Perlindungan terhadap mata itu sendiri sangat diperlukan terlebih apabila mata sudah  berada di tempat yang berbahaya misalnya.

Pada saat apa saja kondisi mata perlu mendapatkan perlindungan ekstra? Berikut ulasannya :

  1. Paparan sinar matahari. Radiasi yang ditimbulkan sinar matahari bisa membahayakan mata sehingga perlu dihindari paparan sinar matahari secara terus menerus
  2. Kegiatan yang berbahaya. Kegiatan ini banyak sekali maknanya. Bisa mencakup olah raga ataupun juga melakukan pekerjaan yang beresiko. Olah raga beresiko yang biasanya dilakukan oleh anak-anak adalah balapan sepeda, skateboard dan semacamnya. Bukan tidak mungkin terjadi kesalahan yang mengakibatkan cedera  mata pada anak. Selain itu melakukan pekerjaan beresiko seperti mengangkat benda berat yang tidak seharusnya dikerjakan anak juga perlu diwaspadai

Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya menggunakan perlindungan terhadap mata itu sendiri.  Seperti penggunaan kacamata ataupun benda lain yang bersifat melindungi. Selain itu peran orang tua juga sangat penting dalam menjaga anak khususnya dalam hal memilih kegiatan yang dilakukan anak-anak yang tidak menimbulkan resiko tinggi terhadap mata anak-anak.

Kacamata anak bisa diperoleh di berbagai optik. Selain kualitasnya yang bagus, pembelian kacamata anak dioptik juga mempunyai keuntungan lain. Biasanya pihak optik akan mengarahkan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan anak itu sendiri. Sehingga pemilihan kacamata untuk perlindungan mata bisa sesuai terhadap anak-anak.

Selain penggunaan kacamata, penggunaan topi saat keluar rumah juga sangat membantu perlindungan mata anak. Namun terkadang karena alasan malas, anak-anak jarang sekali yang mau memakai topi. Tentunya nasihat orang tua sangat dibutuhkan disini dan juga pemberian pengertian yang bisa dipahami anak dengan baik.