Hepatitis Pada Anak

Hepatitis berasal dari kata latin yang berarti radang hati. Hepatitis umumnya dikategorikan sebagai virus dan non virus.

Jenis Virus Hepatitis

Ada beberapa macam jenis-jenis virus Hepatitis

  • Hepatitis A merupakan salah satu bentuk umum dari hepatitis yang tergolong menular dan bisa berdampak pada setiap orang dan disebabkan oleh HAV (Virus Hepatitis A).
  • Hepatitis B merupakan hepatitis akut yang disebabkan oleh virus yang merusak hati.
  • Hepatitis C merupakan salah satu penyakit hati yang disebabkan oleh virus HCV (Virus hepatitis C). Infeksi virus hepatitis C dapat menyebabkan penyakit hati kronis sehingga memerlukan transplantasi hati.

Resiko Penularan Hepatittis

Penyakit Hepatitis bisa menular dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Melalui jarum suntik yang sudah terinfeksi virus hepatitis.
  • Melalui darah
  • Kontak seksual dengan orang yang terinfeksi hepatitis.
  • Bawaan dari ibu yang terinfeksi.
  • Etanol dalam minuman beralkohol.
  • Cara hidup yang tidak bersih

Setiap jenis Hepatitis periode inkubasi virusnya berbeda-beda. Hepatitis akut berlangsung kuang dari enam bulan sedangkan hepatitis kronis berlangsung selama lebih dari enam bulan. Hepatitis B dan C menghasilkan hepatitis akut dan kronis dan penularannya melalui darah dan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Hepatitis C dapat menjadi bentuk kronis dari hepatitis dan akhirnya menjadi sirosis.

Mengenali Gejala Hepatitis

Gejala Hepatitis lebih mirip seperti gejala flu. Gejala hepatitis akut bahkan tidak nampak sama sekali.Gejala umum lainnya dapat dilihat dari warna kulit yang menguning. Jika salah seorang anggota keluarga terkena Hepatitis ada baiknya memisahkan alat makannya dan semua barang yang memungkinkan cairan tubuhnya terpapar dan membersihkan segala sesuatu yang digunakannya dengan baik.Ada Vaksin untuk Hepatitis A dan B , namun sayangnya belum ada vaksin untuk hepatitis C.

Beberapa dokter kandungan akan menyarankan calon ibu untuk memeriksa darahnya untuk mencek kandungan HBSAG dalam darah, jika terbukti positif dan jika diketahui dalam masa kehamilan muda akan diberikan terapi tapi jika diketemukan setelah trisemester 3 kemungkinan anak harus mendapatkan imunisasi hepatitis dalam waktu 12 dan 24 jam setelah lahir. Ada beberapa dokter yang menyarankan untuk tidak menyusui bayi jika ibu terkena hepatitis, tapi pada dasarnya ASI bisa diberikan selama Ibu yakin puting susunya tidak berdarah atau terluka disaat memberikan ASI.