Hal Yang Harus Dihindari Pada Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

Setiap bulan, perkembangan janin akan semakin sempurna. Perkembangan Janin Usia 6 Bulan akan ditunjukkan pada pembentukan tulang yang semakin kuat. Panjang janin 33 cm dan beratnya mencapai 570 gram. Pada usia ini janin sudah tidak dapat bergerak leluasa, karena rahim sudah mulai terisi penuh. Janin berada dalam posisi meringkuk, kedua tangan didepan dagu dan kaki tertekuk di depan dada.

Sistem organ pada janin memang belum sepenuhnya berfungsi secara maksimal, tetapi pada tahap ini janin sudah dapat mendengar suara yang berasal dari luar. Ibu bisa merasakan bagian tubuh janin yang menyentuh perutnya. Janin pun akan merasa tenang jika mendengarkan suara dan sentuhan dari luar. Pada minggu-minggu akhir di bulan ini, bentuk kepada janin akan sesuai dengan besar tubuhnya dan detak jantung bayi dapat terdengar melalui stetoskop. Kelopak mata telah terbentuk dengan bulu mata dan anda akan merasakan setiap gerakannya.

Hal Yang Harus Dihindari Ibu

Ketika mulai masuk bulan ke 6, janin dapat merasakan apa yang ibu rasakan, seperti lapar, haus, sedih, dan gembira. Sebaiknya ibu dapat mengontrol emosi dan berusaha untuk selalu dalam keadaan baik. Hindari stress, karena ini akan sangat berpengaruh pada janin. Sebaiknya sang ayah juga ikut berperan untuk dapat menciptakan suasana yang menyenangkan untuk ibu. Kerjasama ini akan membuat bayi merasa sangat baik.

Pada perkembangan janin usia 6 bulan, sistem organ tubuh mengalami pematangan fungsi dan perkembangan. Perut akan semakin membuncit dan akan mempengaruhi keseimbangan ibu, karena itu sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga peregangan atau olahraga kontak yang bisa memiliki kemungkinan terjatuh.

Hubungan Antara Ibu Dan Janin Usia 6 Bulan

Pada bulan ini, ibu memproduksi hormon adrenalin dimana hormon ini dapat menembus plasenta; hal ini berdampak pada kondisi emosi bayi yang dapat terpengaruh olehnya. Disinilah hubungan antara ibu dan janin sangat dekat. Ibu bisa merasakan denyut jantung dan gerak janin sementara janin dapat merasakan semua hal yang dirasakan ibunya. Jika ibu tidak merasakan gerak janin pada perkembangan janin usia 6 bulan, sebaiknya ibu memeriksakan kandungan ibu ke dokter, karena pasti ada suatu hal yang salah.

Perkembangan janin usia ini seharusnya menunjukkan gerakan yang semakin sempurna dan harusnya sudah dirasakan pada usia 5 bulan kehamilan. Perasaan ibu juga harus dijaga dengan baik, ini berhubungan dengan lingkungan sekitar. Sang ayah hendaknya membantu dalam menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi si Ibu.