Gejala, Penyebab, Dan Bagaimana Menangani Bayi Sembelit Di Usia 0-24 Bulan

Bagaimana menangani bayi sembelit di usia 0-24 bulan? Ini merupakan pertanyaan yang relative umum ditanyakan oleh para ibu muda namun bukan berarti para ibu yang sudah memiliki lebih dari satu anak bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Menangani bayi memang harus hati-hati, namun yang paling utama di sini adalah bukan cara penanganannya tapi bagaimana cara mengenali gejala sembelit pada bayi tersebut karena walaupun seorang ibu sudah diberi tahu mengenai bagaimana cara menanganinya tapi jika mereka tidak mengetahui gejala awalnya maka pengetahuan tersebut percuma saja.

Mengenali Gejala Awal Dan Bagaimana Menangani Bayi Sembelit Di Usia 0-24 Bulan?

Jika berbicara mengenai gejala awal apakah buah hati anda ternyata mengalami sembelit, terdapat tiga hal yang harus anda perhatikan, yaitu:

  • Keadaan tinja, jika tinja keras maka dapat dipastikan buah hati anda¬†¬† mengalami sembelit.
  • Frekuensi buang air besar, yaitu jika frekuensi berkurang dari biasanya.
  • Keadaan bayi yang mengalami sembelit maka biasanya jika anda menekan perut bagian bawah sebelah kiri buah hati anda maka akan terasa agak keras.

Cara Tepat Bagaimana Menangani Bayi Sembelit Di Usia 0-24 Bulan?

Jika anda menemukan ketiga gejala tersebut di atas pada buah hati anda, lalu bagaimana menangani bayi sembelit di usia 0-24 bulan? Sebenarnya cara penanganan yang tepat itu tergantung pada penyebab utama sembelit tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab dan penanganannya yang paling direkomendasikan:

  • Susu formula bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Jika hal ini menjadi penyebab utamanya, anda harus mengganti susu formula dan memastikan buah hati anda makan cukup serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Perubahan diet atau pola makan buah hati anda dari ASI ke makanan padat juga dapat menyebabkan sembelit sementara. Kalau kondisinya cukup parah, segera bawa buah hati anda ke dokter agar diberi resep obat pencahar yang tepat dengan dosis yang sesuai supaya buang air besar buah hati anda menjadi lancar.
  • Pada kondisi sembelit kronis, yang biasanya disebabkan oleh obat-obatan serta faktor psikologis, buah hati anda memerlukan perawatan intensif karena biasanya hal tersebut tidak bisa diatasi hanya dengan minum obat pencahar atau cukup makan makanan yang mengandung serat.

Adapun cara terbaik bagi buah hati anda adalah dengan melakukan tindakan pencegahan. Pastikan buah hati anda minum cukup air putih dan makan makanan bergizi dan kaya serat setiap hari, akan tetapi tentu saja tetap penting untuk memiliki pengetahuan tentang bagaimana menangani bayi sembelit di usia 0-24 bulan.