Gejala Kanker Getah Bening Pada Anak

Ada beberapa cara untuk mendeteksi gejala kanker getah bening pada anak, meskipun anak harus mendapatkan tes darah terlebih dulu untuk lebih meyakinkan. Orangtua harus waspada bahwa ada dua jenis kanker kelenjar getah bening pada anak yaitu kanker Hodgin dan kanker non Hodgin. Keduanya memiliki gejala-gejala yang bisa di deteksi pada anak. Meski dalam beberapa kasus tidak semua gejalanya terlihat dengan jelas.

Gejala kanker kelenjar getah bening Hodgkin pada anak biasanya terlihat dengan adanya pembesaran kelenjar. Kelenjar yang terletak di daerah leher, ketiak, pangkal paha dan perut. Beberapa pasien mungkin merasa pusing, tidak nafsu makan atau gatal-gatal. Berat badan juga berkurang dan demam akan muncul. Karena gejala ini umum pada beberapa penyakit maka orangtua harus bicara dengan dokter jika gejalanya tidak hilang dalam waktu dua minggu.

Gejala kanker non Hodgkin mungkin akan menunjukkan pembengkakan kelenjar di daerah leher, ketiak atau pangkal paha, bisa juga muncul di perut yang menyebabkan rasa sakit luar biasa. Daerah dada juga bisa terjadi pembengkakan yang menyebabkan sesak nafas. Gejala lainnya adalah demam, turun berat badan dan berkeringat di malam hari.

Gejala kanker kelenjar getah bening pada anak ini sedikit membingungkan karena gejalanya bisa juga ditemui pada penyakit lain yang agak ringan seperti influenza. Karena kedua jenis kanker kelenjar getah bening ini termasuk jarang maka para ahli menyarankan pasien untuk dicek lebih lanjut melalui tes darah di laboratorium. Terlebih bila gejalanya tidak hilang dalam waktu dua minggu.

Pengecekan diagnosa kanker kelenjar getah bening pada anak dikenal dengan nama biopsi. Dokter bedah mungkin akan menghilangkan semua bagian tumor di dalam kelenjar menggunakan bius lokal ataupun bios total bila tumornya terletak di bagian tubuh yang lebih dalam.

Perbedaan antara kanker kelenjar getah bening Hodgkin dan non Hodgin adalah adanya rasa gatal-gatal dan kulit kering yang muncul pada kanker Hodgkin. Pada kanker non Hodgkin tidak timbul gatal-gatal seperti itu. Rasa gatal ini biasanya lebih parah daripada sekedar kulit kering yang pecah-pecah. Pasien seringkali menggaruk permukaan kulit dengan kuat bahkan kasar karena tidak tahan dengan rasa gatal yang ditimbulkan tersebut. Gejala kanker kelenjar getah bening pada anak seperti itulah yang mungkin bisa menjadi perhatian orangtua agar selalu waspada dengan penyakit ini.