Faktor Penyebab Nyeri Perut Pada Kehamilan Trimester 2

Nyeri perut biasa terjadi pada ibu hamil. Adapun sejumlah faktor yang menjadi penyebab nyeri perut saat kehamilan trimester 2 adalah:

  1. Faktor Ektopik  
    Ini merupakan kondisi kehamilan dimana embrio tidak berada di tempat yang tepat atau berada di bagian luar dari rongga rahim. Biasanya implantasi embrio ini ada pada tuba falopi. Selain di luar rahim, embrio biasanya juga terletak pada leher rahim, wilayah perut, dan indung telur. Lalu resiko apa yang bisa terjadi jika embrio tersebut tidak berada tepat di dalam rongga rahim? Kondisi yang disebut kehamilan ektopik ini bisa berakibat pada pendarahan dan komplikasi kehamilan. Bahkan jika dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan kematian.
  2. Keguguran 
    Wanita yang mengalami keguguran juga bisa merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian perut mereka. Biasanya keguguran ini terjadi pada awal kehamilan. Keguguran ini biasanya terjadi dengan diiringi pendarahan. Oleh sebab itu, bagi wanita yang mengalami pendarahan dan nyeri di perut sebaiknya langsung memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.
  3. Preeklamsia
    Faktor lain yang menjadi penyebab nyeri perut saat kehamilan trimester 2 adalah preeklamsia. Orang-orang yang mengalami preeklamsia adalah orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh naiknya kadar protein yang ada di dalam urin. Penyakit ini bisa mengakibatkan berubahnya pembuluh darah yang dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh yang lain seperti hati, ginjal, dan juga otak yang berperan sangat penting bagi manusia. Tidak hanya itu, akibat penyakit ini, plasenta yang menyalurkan makanan ke bayi juga akan mengalami gangguan.
  4. Faktor Sindrom Help 
    Selanjutnya adalah faktor sindrom help. Sindrom hellp merupakan gangguan yang terjadi pada kehamilan tiga bulan terakhir, termasuk juga pada kehamilan trimester ke dua. Biasanya gangguan ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang hebat di bagian perut kanan atas. Selain itu, penyakit ini juga bisa menjadi penyebab preeklamsia.
  5. Adanya Kontraksi Braxton Hicks
    Rasa nyeri pada perut pada trimester ke dua biasanya juga terjadi ketika ada kontraksi Braxton hicks yang muncul karena adanya pengencangan pada bagian otot di rahim yang terjadi dengan cepat dan secara tiba-tiba. Ini bukan merupakan pertanda kehamilan karena terjadinya adalah pada trimester ke dua.
  6. Bayi Lahir Prematur
    Adanya kelahiran bayi secara prematur juga menjadi penyebab rasa nyeri di perut.
  7. Infeksi Ginjal
    Jika ibu mengalami infeksi pada ginjal, maka rasa nyeri di perutpun tidak akan terelakkan. Adapun rasa sakit biasanya muncul di daerah perut bagian bawah dan di sekitar panggul.
  8. Adanya Batu Empedu
    Adanya batu empedu yang sering terjadi di saat kehamilan karena pada waktu hamil biasanya kantong empedu yang berfungsi untuk menyimpan cairan empedu tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan munculnya batu empedu yang bisa membuat rasa nyeri di daerah perut.
  9. Radang Usus Buntu
    Rasa nyeri perut saat kehamilan trimester 2 juga bisa muncul akibat radang pada usus buntu. Radang usus buntu ini diakibatkan oleh adanya pembesaran terhadap uterus.