Enam Tips Proses Mengejan yang Benar

Proses mengejan adalah salah satu dari rangkaian proses kelahiran bayi secara normal. Hasrat untuk mengejan sudah bisa dirasakan saat pembukaan 7 – 8. Dan inilah yang sering kali mengecoh para ibu untuk cepat – cepat mengejan, hal itu disebabkan oleh kepala bayi yang sedang mencari jalan lahir. Proses pencarian jalan lahir itu yang mendorong ibu untuk mengejan. Padahal mengejan tidak boleh dilakukan saat pembukaan belum sempurna atau pembukaan 10 karena bisa menyebabkan jalan lahir bengkak.

Mengejan juga tidak boleh dilakukan tanpa persetujuan penolong kelahiran. Meski mirip dengan mengejan saat ibu buang air besar (BAB), tapi ibu memerlukan teknik mengejan yang benar saat melahirkan seorang bayi.

Enam Tips Proses Mengejan

  1.  Saat pembukaan sudah lengkap dan ibu mengalami kontraksi, tarik nafas yang dalam selama kontraksi terjadi dan ibu bisa mengejan sekuat mungkin. Saat mengejan jangan panik, tetaplah tenang dan buang semua pikiran negatif ibu agar persalinan bisa berjalan dengan lancar.
  2. Saat mengejan, tundukkan kepala hingga dagu menyentuh dada atas dan pandangan mata ibu diarahkan ke pusar. Hal ini dilakukan untuk menghindari  nafas yang tertekan di leher
  3. Usahakan agar ibu tidak mengangkat bokong atau paha karena tindakan ini bisa merobek daerah perineum atau daerah antara vagina dan anus. Robekan alami akan menyulitkan dokter saat menjahit sobekan tersebut. Tapi biasanya dokter akan melakukan episitiomi atau menggunting daerah perineum agar tidak terjadi robekan yang lebih besar.
  4. Jika dalam sekali mengejan bayi belum juga keluar, lakukan beberapa kali lagi. Selama kontraksi masih ada, lakukan lagi. Yang perlu ibu ingat adalah jangan memaksakan diri mengejan terlalu lama karena akan membuat ibu kehabisan nafas.enam tips proses mengejan
  5. Dengarkan aba – aba dari penolong persalinan. Ibu bisa meminta dokter atau bidan untuk meletakkan cermin di depan ibu agar ibu bisa melihat apakah kepala bayi sudah terlihat atau belum. Biasanya dengan melihat kepala bayi yang sudah terlihat ibu menjadi lebih semangat lagi untuk mengejan.
  6. Jika kepala bayi sudah terlihat, tarik nafas yang dalam dan mengejanlah seolah – olah ibu akan melakukan BAB yang sangat besar sekali.

Pengetahuan proses mengejan dapat diperoleh oleh ibu dari majalah untuk ibu dan anak ataupun berselancar di dunia maya.  Biasanya atas seijin penolong persalinan, pada trisemester ketiga, ibu dapat mengikuti kelas senam ibu hamil, untuk mendapatkan latihan proses mengejan ini dan sekaligus juga jadi wadah untuk saling berbagi info antara ibu hamil maupun dengan pelatihnya.