Efek Obesitas Pada Anak

Ternyata, anakpun dapat mengalami apa yang dinamakan dengan obesitas jika memang berat badan si anak jauh melebih dari indeks massa tubuhnya. Sehingga, obesitas yang terjadi pada anak akan memberikan efek kepada diri si anak tersebut. Lalu, bagaimana efek obesitas pada anak ini? Ada beberapa efek obesitas pada anak.

Berikut adalah beberapa efek tersebut:

  1. Efek secara fisik Anak yang mengalami obesitas memang akan memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan kebanyakan anak normal. Beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh anak dengan obesitas adalah ia akan memiliki bentuk wajah yang cenderung membulat, pipi terlihat snagat tembem, dagupun juga terlihat rangkap, dan ukuran leher akan cenderung lebih pendek dari ukuran leher anak normal. Selain itu, dada si anak akan terlihat membusung, payudara akan membesar dikarenakan timbunan dari jaringan lemak. Ciri yang lain juga terdapat pada perut yang sangat buncit disertai dengan adanya lipatan pada dinding perut. Untuk anak laki-laki, kebanyakan penisnya akan terlihat lebih kecil karena seakan tersembunyi dari banyaknya timbunan lemak.
  2. Efek secara kesehatan Anakdengan obesitas memang akan memiliki peluang untuk lebih mudah terjangkiti dengan beberapa penyakit seperti pembesaran jantung, gangguan pernapasan, gangguan kulit pada lipatan kulit yang sering tergesek, juga gangguan pada fungsi hati. Obesitas juga akan mempengaruhi pertumbuhan tulang seperti kaki yang pengkor. Atau gangguan pada metabolisme gula.
  3. Efek secara psikologis Anak yang sangat gemuk juga akan mendapatkan efek piskologis dari kegemukan yang terjadi padanya. Misalnya adalah ia akan tampak sebagai anak yang rendah dri karena tekadang anak yang sangat gemuk akan mendapat banyak ejekan dari teman sepermainan. Sehingga ia bisa saja suka untuk menyendiri dan menarik diri dari lingkungan.

Hal ini kemudian akan membuat anak merasa depresi dengan keadaan dirinya. Itulah efek obesitas pada anak. Dengan melihat dari banyaknya efek obesitas ini maka orang tua harus semaksimal mungkin mencegah diri sang anak dari mengalami obesitas. Agar tak sampai mengalami efek buruk yang sudah disebutkan di atas.