Dongeng Untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi

Dongeng sangat identik dengan dunia anak. Di belahan dunia mana pun dongeng menjadi salah satu bagian dari kehidupan anak-anak. Namun ternyata di balik manfaat dongeng sebagai alat hiburan, terdapat kegunaan lain dari dongeng untuk stimulasi tumbuh kembang bayi.

Di dalam dongeng terkandung ribuan kata yang terangkai dalam makna artistik. Rangkaian kata ini mempunyai kemampuan untuk mendongkrak daya komunikasi bagi bayi. Dengan mendengar banyak kosa kata, maka otak bayi akan merekam semua kata tersebut serta mengolahnya kembali untuk dapat diucapkan kelak ketika bayi telah mampu berbicara. Selain itu bayi juga menjadi terstimulasi untuk memahami aneka kalimat yang tercantum di dalam bahasa dongeng.

Selanjutnya, pada dongeng biasanya juga selalu terkandung pesan moral. Pesan moral ini akan membantu bayi untuk mulai paham mengenai bagaimana berempati. Meskipun bayi belum bisa memahami arti kata demi kata yang disampaikan di dalam dongeng, namun dengan sering mendengar dongeng, bayi akan lebih banyak belajar untuk dapat mencerna pesan moral di dalamnya. Rekaman pada otak bayi akan diolah dan dimunculkan kelak ketika bayi tumbuh besar.

Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan pada sekelompok wanita hamil, menceritakan dongeng kepada janin yang sedang dikandung mampu meningkatkan kemampuan motorik anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok anak yang lahir dari ibu yang mendongeng ketika hamil, memiliki sejumlah kecerdasan motorik yang lebih unggul dibandingkan kelompok anak yang lahir dari ibu hamil tanpa perlakuan mendongeng.

Dongeng sekarang ini juga sedang dikembangkan di beberapa negara sebagai salah satu alat terapi bicara yang cukup efektif. Berdasarkan pengalaman dan studi kasus di beberapa klinik negara maju mendapatkan kenyataan luar biasa, di mana anak yang mengalami keterlambatan bicara, yang diberikan terapi dongeng memiliki kemampuan berbicara relatif lebih baik dibandingkan dengan anak tanpa terapi dongeng. Indikator berbicara yang diukur adalah meliputi cara merangkai kalimat, kemampuan memahami kata-kata, kemampuan berkomunikasi dan kelancaran di dalam menjawab sebuah pertanyaan. Terakhir, dongeng juga mampu mendidik si kecil memiliki jiwa leadership, diawali dengan kreativitas dan daya komunikasi, yang merupakan salah satu unsur penting di dalam pembentukan jiwa kepemimpinan.

Demikian sedikit info tentang manfaat dongeng untuk stimulasi tumbuh kembang bayi, semoga bermanfaat.