Diet untuk Anak Obesitas

Ada beberapa saran untuk orangtua yang ingin membantu menurunkan berat badan anak yang berlebihan dan mengalami kondisi kesehatan yang disebut obesitas. Harus diingat pula bahwa orangtua harus membuat perubahan di rumah sehingga semua anggota keluarga menjadi lebih sehat termasuk cara makan mereka sehingga tidak ada satupun anggota keluarga yang kelebihan berat badan. Seperti apa diet untuk anak obesitas itu?

Lakukan modifikasi pada jenis makanan yang di buat dan anak-anak tidak akan menyadari bahwa mereka sedang belajar mengkonsumsi makanan sehat dan kebiasaan makan yang lebih baik. Berpikirlah tentang low-fat. Membeli susu low-fat atau susu skim dengan rasa dan warna yang sama tidak akan membuat anak merasakan ada perbedaan pada makanannya.

Anak yang dibiasakan makan makanan rumah tidak akan banyak meminta makanan dari luar atau jajan di warung dekat rumah. Jadi, biasakan anak untuk makan di rumah terlebih dulu sebelum orangtua melakukan perubahan pada menu makanan yang tersedia di atas meja. Lakukan penggantian menu yang mengandung zat makanan rendah lemak. Sediakan selalu menu sayur di atas meja makan. Bisa juga dengan membuat salad atau menyediakan buah-buahan disana.

Salah satu cara yang menunjang diet untuk anak obesitas adalah dengan belanja persediaan makanan sendiri. Lakukan ketika anak sedang beraktivitas sehingga anak tidak akan ikut serta dan meminta Anda untuk dibelikan jenis makanan yang kurang sehat bagi mereka. Sediakan juga bekal untuk dibawa ke sekolah setiap hari sehingga mereka memiliki pilihan makanan yang lebih sehat.

Cobalah untuk menyediakan makanan yang terdiri dari 50% sayuran dan buah dengan sejumlah makanan mengandung protein seperti ayam, ikan dan biji-bijian dan kacang-kacangan. Beras merah sangat baik untuk pertumbuhan tubuh anak. Cobalah sediakan di rumah dan biarkan anak terbiasa makan dengan beras merah. Singkirkan semua makanan dengan kalori tinggi, permen yang rendah nutrisi, soda, kue, keripik dan es krim.

Sediakan yoghurt dengan rasa buah yang menggoda di lemari pendingin Anda. Biarkan anak mencampur makanan yang mereka sukai dengan kue rendah lemak atau buah dan sayuran yang mereka pilih dari menu yang tersedia di atas meja makan. Ya, sebenarnya diet untuk anak obesitas itu tidak sulit asalkan orangtua memiliki kemauan untuk melakukan perubahan pada pola dan kebiasaan makan keluarga.