Dapatkah Asma pada Balita Disembuhkan?

Asma bisa terjadi karena alergi yang diderita oleh seseorang. Alergi ini biasanya diturunkan oleh orang tua kepada anaknya, menyerang saluran pernapasan yang menyebabkan napas sesak. Asma pada balita bisa terbawa hingga usia dewasa. Namun beberapa di antaranya bisa disembuhkan. Proses penyembuhan ini membutuhkan perhatian khusus dari orang tua agar anak bisa diajak kerjasama untuk kesembuhan yang diinginkan.

Asma pada balita bisa disembuhkan dengan menghindari beberapa faktor pencetus timbulnya alergi seperti kelelahan karena bermain, alergi anak terhadap udara dingin, makanan yang mengandung MSG, dan lain sebagainya. Tidak mudah memang mengajak anak untuk bisa menghidari beberapa faktor kambuhnya asma, terutama saat anak memiliki alergi yang kronis. Anak seringkali protes kenapa tidak boleh main di luar ruangan yang berdebu, kenapa tidak boleh makan es cream, coklat, ataupun makanan pemicu kambuhnya alergi yang lain.

Orang tua harus memberikan pengawasan yang ketat dan juga penjelasan yang bisa diterima anak tanpa membuatnya kecewa. Hal ini sangat penting dilakukan, karena jika pemicu alergi ini datang dan asma kambuh, tidak hanya anak yang merasakan sedih dan sakit namun orang tua pasti sedih dan ingin asma yang diderita anaknya segera sembuh. Jika asma pada balita ini tidak kunjung sembuh dan malah terlalu sering kambuh, anak bisa mengalami stres dan akan berdampak pada pola pikir serta perkembangan mental anak.

Saat asma pada balita kambuh, segera obati dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Namun selama tidak terjadi serangan asma, anak-anak bisa beraktifitas seperti anak pada umumnya dan sebaiknya orang tua segera mengajaknya berolahraga secara teratur jika sudah memungkinkan. Jagalah berat badan anak agak tidak berlebih dan cegahlah segala sesuatu yang bisa menyebabkan anak terjangkit penyakit pernapasan seperti flu, pilek dan batuk.

Orang tua memainkan peran utama dalam kelangsungan hidup anak-anak mereka terutama yang memiliki asma. Oleh karena itu orang tua harus memberikan perhatian maksimal. Asma pada balita masih memiliki peluang untuk disembuhkan dengan menjaga pola hidup sehat pada anak dengan ketat, menjauhkannya dari pemicu asma.