Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Perkembangan Emosi Anak

Burukkah Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Perkembangan Emosi Anak? Kemajuan teknologi berkembang seiring dengan peradaban manusia. Di era ini kemajuan teknologi berkembang dengan cepatnya. Adanya kemajuan teknologi memiliki dampak yang luar biasa bagi umat manusia di dunia. Kemajuan teknologi informasi antara lain adanya computer dan internet. Disadari atau tidak kemajuan teknologi ada yang menguntungkan namun di sisi lain ada juga kerugian yang ditimbulkannya. Hal itu menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Di era yang serba canggih ini ternyata kemajuan teknologi berdampak terhadap perkembangan emosi pada anak.

Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Perkembangan Emosi Anak

Kemajuan teknologi misalnya internet ternyata berdampak kepada emosi anak. Dampak kemajuan teknologi terhadap perkembangan emosi anak dapat dibagi menjadi 2. Dampak kemajuan teknologi ada yang positif dan ada yang negative. Adanya kemajuan teknologi sisi positifnya anak lebih berfikir kritis, logis, dan terbuka. Selain itu, kemampuan verbal dan non verbal anak lebih berkembang. Namun, ada sisi negative dari kemajuan teknologi yaitu anak kurang terasah kreatifitasnya, anak kurang berkembang kecerdasannya baik intelektual maupun emosionalnya, anak cenderung menjadi anak yang pasif, dan egois. Kemajuan teknologi berpengaruh terhadap psikis anak termasuk emosi anak. Hal ini tentu saja kurang baik bagi perkembangan mental atau pribadi anak di kemudian hari. Adanya kemajuan teknologi menjadikan seorang anak terlalu asyik dengan dunianya sendiri. Dan anak menjadi kurang bersosialisasi dengan lingkungan, padahal kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial. Sosialisasi dan komunikasi adalah hal yang ikut menentukan seseorang berhasil dalam hidupnya. Sosialisasi meliputi aspek kerja sama atau gotong royong, kesabaran, sportivitas, kejujuran, dan tenggang rasa. Selain itu dengan kurang terlatihnya pengendalian emosi di waktu masih kanak-kanak maka dikuatirkan saat dewasa tingkat emosinya belum matang. Hal ini dapat menjadi masalah tersendiri bagi anak bila dewasa kelak.

Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Perkembangan Emosi Anak Dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Kemajuan teknologi memang bertujuan untuk semakin memudahkan kegiatan yang dilakukan manusia. Namun perlu diingat bahwa kemajuan teknologi memiliki dampak buruk bagi perkembangan emosi dan mental anak.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai dampak kemajuan teknologi terhadap perkembangan emosi anak yaitu:

  1. Orangtua tidak boleh acuh tak acuh dalam kegiatan dan aktivitas anak. Sebaiknya orangtua ikut aktif berperan dan mengarahkan setiap aktivitas yang dilakukan anak.
  2. Orangtua sebaiknya selalu memperbaharui informasi tentang kemajuan teknologi yang mungkin akan bersentuhan dengan dunia anak, misalnya tentang game online, gadget terbaru, dan informasi yang berhubungan dengan kemajuan teknologi lainnya.
  3. Jadikan anak sebagai teman dan sahabat, sehingga anak tidak canggung atau kaku bila berbicara dengan orangtua. Orangtua hendaknya menjadi sahabat yang dapat dipercaya oleh anak. Berkata yang benar, dan tidak menakuti atau mengancam merupakan cara mempererat hubungan dengan anak. Hal ini akan berpengaruh positif bagi emosi anak, yaitu anak akan terbuka untuk menceritakan semua aktivitas yang dilakukannya. Begitu pula dalam hal emosi, emosi bukan hanya sekedar rasa marah saja, namun rasa sedih, takut, bingung, cemas, frustasi juga termasuk rasa emosi. Bila hubungan anak dan orangtua dekat, baik dan tidak bermasalah, maka anak akan lebih dapat mengontrol emosi yang terjadi dan buruknya dampak kemajuan teknologi terhadap perkembangan emosi anak dapat diminimalkan.