CT Scan Pada Anak Sebabkan Kanker Otak

Benarkah CT scan pada anak sebabkan kanker otak? CT scan adalah metode diagnosa yang tergolong baru dalam dunia denis. CT scan hampir sama seperti rontgen. Fungsi CT scan adalah untuk menyelidiki gambaran detail pada tulang tengkorak maupun tulang anggota badan. Metode CT scan lebih modern dibandingkan rontgen karena menggunakan perlatan yang lebih canggih.

Hasil pemindaian menggunakan CT scan relatif lebih akurat. Pasalnya, tubuh pasien dipindai menggunakan tabung sinar X di sekeliling tubuh untuk mendapatkan hasil pemindaian yang lebih baik dibanding rontgen. Dalam pemindaian menggunakan CT scan, pengaruh atau radiasi sinar X yang terlalu sering kena ke tubuh butuh waktu panjang dalam memengaruhi sel dan kromosom pada tubuh. Lantas bisakah CT scan pada anak sebabkan kanker otak? Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan terbukti bahwa sekali pun sudah terbukti aman, CT scan dapat mengakibatkan resiko peningkatan kanker otak pada anak-anak, dengan kata lain CT scan dapat menjadi salah satu penyebab kanker otak.

Pemindaian menggunakan CT scan yang dilakukan berulang kali pada anak meningkatkan resiko hingga 300%. Sampai sekarang alat CT Scan masih dikembangkan agar bisa meminimalisasi resiko akan tetapi radiasi sinar X tidak dapat tergantikan. Selain CT scan pada anak sebabkan kanker otak, pemindaian dengan CT scan juga bisa meningkatkan resiko penyakit leukemia pada anak. Hal ini dibuktikan dengan komplikasi penyakit kanker otak dan leukemia yang diderita pasien CT scan

Dibandingkan dengan resiko CT scan pada anak sebabkan kanker otak, pemindaian CT scan lebih banyak memberikan manfaat karena hasil dari pemindaian CT scan sangat akurat. Anak yang mengalami kecelakaan jika tidak cepat dilakukan identifikasi maka akan sangat berbahaya jika timbul luka dalam. Sedangkan metode identifikasi yang paling cepat dan tepat adalah CT scan. Hal ini sering menimbulkan dilema. Akhirnya kebanyakan orang tua pun merelakan anaknya untuk menjalani proses CT scan.

Sebenarnya, tidak semua proses CT scan pada anak sebabkan kanker otak. Alat pindai CT scan yang berstandar internasional sudah menggunakan dosis sinar X yang rendah, itupun juga tergantung dengan daya tahan tubuh anak. Akan tetapi, jika dilakukan berulang ulang maka resiko tersebut akan tetap ada. Setidaknya itu lebih baik daripada terjadi salah identifikasi dalam proses pemindaian. Meskipun CT scan pada anak sebabkan kanker otak, tapi faktanya tidak semua anak yang terkena kanker otak setelah pemindaian.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak dari CT scan :

  1. Pastikan kondisi anak relax pada proses pemindaian CT scan. Kondisi tubuh yang relax mempengari kondisi psikologis anak. Kondisi psikologis yang baik akan mempengaruhi sel-sel tubuh.
  2. Jangan lakukan pembiusan saat proses CT scan, pembiusan menyebabkan kondisi tubuh tidak terkontrol.
  3. Melakukan pemindaian CT scan di pagi hari. Setelah melakukan proses regenerasi pada malam hari, kondisi sel tubuh pada pagi hari tergolong lebih fresh dan tidak akan mudah dirusak oleh radiasi sinar X

Mengurangi dampak dari CT scan memang tidak terlalu efektif tapi setidaknya akan bisa membantu. Meskipun proses CT scan penting tapi pastikan bahwa pemindaian menggunakan CT scan jika memang sangat diperlukan atau mendesak, agar resiko CT scan pada anak sebabkan kanker otak dapat dilaksanakan.