Ciri-ciri Anak Minder

Minder merupakan perasaan tidak percaya diri karena menganggap orang lain memiliki kelebihan dan dirinya memiliki begitu banyak kekurangan. Orang yang minder seringkali lebih menghargai orang lain dan tidak menghargai dirinya sendiri karena merasa tidak memiliki apa-apa untuk dibanggakan.

Perasaan yang muncul dalam diri orang minder adalah selalu merasa dirinya adalah korban, selalu merasa tidak puas, selalu mengasihani diri sendiri, dan sangat mudah putus asa menghadapi hidupnya. Jika hal ini tidak ingin terjadi pada anak Anda tentu Anda harus mengantisipasinya karena jika Anda biarkan akan berpengaruh pada masa depannya kelak.

Ciri – ciri Anak Minder

Beberapa ciri-ciri anak minder adalah suka menyendiri, kaku ketika berhubungan baik secara fisik maupun komunikasi, tidak aktif bergerak karena merasa tidak percaya diri, selalu merasa curiga pada orang lain, tidak memiliki kepercayaan diri atas kemampuan dirinya, menganggap kesalahan ada pada orang lain dan orang lain harus berubah untuk dirinya, hingga menolak untuk mengubah dirinya menjadi lebih baik.

Penyebab Anak Minder

Biasanya  penyebab rasa minder berawal dari ketergantungannya yang sangat tinggi pada orang lain, salah satunya adalah orang tua. Sikap terlalu melindungi, protektif, hingga selalu menyalahkannya membuatnya tumbuh menjadi orang yang merasa dirinya tidak mampu hidup sendiri. Selain itu kondisi tubuh yang tidak sempurna, misalnya kakinya yang cacat, tangannya yang lemah, atau apapun yang membuatnya berbeda dengan orang lain semakin mempertinggi rasa minder anak. Tidak hanya itu, kerapkali kondisi sosial ekonomi orangtua memicu minder pada anak, dia merasa tidak seperti anak kebanyakan yang bisa membeli baju yang disukainya, sedangkan dia menggunakan baju yang jelek. Inipun bisa memicu minder.

Peran Orangtua Mengatasi Anak Minder

Peran orangtua sangat penting dalam hal ini. Orangtua harus mampu mengarahkan anak yang minder menjadi lebih percaya diri, apapun penyebab mindernya. Baik dari dirinya sendiri yang cacat ataupun kesalahan dalam pola asuh. Sebab minder yang terus dibiarkan akan membuat si anak sulit mencapai masa depannya dengan baik karena hubungan sosial yang sangat kurang. Kenali ciri-ciri anak minder sejak awal agar Anda bisa memberikan solusi mengatasinya.

Nah, Anda sudah siap menjadi pembimbing anak minder menuju anak yang penuh percaya diri?