Ciri-ciri Anak Cerdas

Ciri-ciri anak cerdas memang tidak dapat dilihat secara kasat mata, namun lebih pada apa yang dia lakukan dan kebiasaan yang dapat diperhatikan oleh orang lain. Biasanya, anak yang cerdas memiliki ketertarikan yang luas terhadap berbagai topik. Ia sangat menikmatinya walaupun bagi sebagian orang sangat membosankan dan menjemukan. Selain itu, terkadang kegemaran mereka pun berganti-ganti karena saat ia telah menguasai satu bidang, akan akan mulai bidang lain dan begitu seterusnya. Lalu, apa lagi ciri dari anak cerdas?

Anak Cerdas Yang Mudah Dikenali

Anak yang cerdas biasanya mempunyai kosakata yang lebih banyak bila dibandingan dengan teman-teman sebayanya. Bukan hanya itu, ia juga sudah bisa mulai untuk memahami sebuah konsep yang lebih kompleks. Kemampuan dalam pemahaman ini bisa berkaitan dengan bagaimana ia memahami hubungan dan berpikir secara abstrak. Ia juga mulai bisa untuk memahami dan menggali masalah secara lebih dalam dengan berpikir bagaimana untuk mencari solusi dari masalah yang ada tersebut. Ciri-ciri anak cerdas lainnya adalah ketika ia mulai memperhatikan sesuatu secara mendetail. Dengan begitu, ia pun akan mengumpulkan dan mencari banyak informasi agar informasi tersebut dapat bermanfaat untuk memecahkan sesuatu atau untuk menggambarkan sesuatu. Jika seorang anak sudah mampu untuk membaca dan berbicara pada usia dini, ini juga menunjukkan bahwa daya ingat yang ia miliki cukup baik sehingga ia pun mampu untuk belajar dengan cepat karena ada kemampuan lain juga seperti untuk koordinasi tubuh yang berkembang lebih cepat dan ini akan memudahakan anak cerdas untuk belajar berjalan lebih awal bila dibandingkan dengan anak sebayanya.

Perilaku Anak Cerdas

Anak yang cerdas biasanya juga aktif untuk bertanya karena ia cepat bosan dengan satu bidang dan ia ingin mengerti dan memahami hal baru sehingga ia akan selalu bertanya secara kritis dan membutuhkan penjelasan yang logis agar ia dapat mencerna antara pertanyaan dan jawaban yang diberikan. Bukan hanya itu, anak yang cerdas juga sudah mampu secara aktif untuk berargumentasi dengan orang lain karena ia sudah memiliki daya analisis yang berkembang lebih pesat sehingga ia pun dapat mengemukakan pendapat, berdebat dengan orang lain, dan sekaligus mengekspresikan diri. Mampu berpikir secara kreatif, energik dalam melakukan aktifitas, suka berekspreiman karena daya kreatifitasnya sangat tinggi dan senang mengamati juga merupakan salah satu ciri-ciri anak cerdas.