Cara Sederhana Mendidik Dan Membentuk Anak Mandiri Usia 5-12 Tahun

Anak merupakan harta yang paling berharga yang dimiliki oleh orang tua. Kehadiran anak mampu melukiskan senyum di hati dan wajah semua orang yang berada di dalam keluarga tersebut. Namun mendidik anak menjadi mandiri bukanlah perkara yang mudah.  Ada beberapa cara sederhana mendidik dan membentuk anak mandiri usia 5-12 tahun.

Tentunya sebagai orang tua kita tidak menginginkan anak kita tumbuh menjadi anak yang manja. Anak yang mandiri adalah anak yang mampu mengerjakan pekerjaannya sendiri, misalnya saja memakai baju sendiri, memakai sepatu sendiri, membereskan mainannya sendiri, dan masih banyak yang lainnya.
Tentu orang tua akan merasa bangga dan terbantu sekali ketika anak mampu melakukan hal yang kecil tersebut secara mandiri. Ada beberapa cara sederhana mendidik dan membentuk anak mandiri usia 5-12 tahun. Berikut adalah cara sederhana dalam mendidik anak agar mandiri.

  1. Berilah Pujian, Memberikan sebuah  pujian kepada anak merupakan hal yang baik ketika anak mampu melakukan suatu hal dengan sendirinya. Meskipun terkadang masih membutuhkan sedikit bantuan dari kita selaku orang tuanya tetapi hal tersebut sudah merupakan langkah yang baik untuk memulai menjadi mandiri.
  2. Jangan Langsung Membantu, Anak biasanya ketika diminta untuk melakukan kegiatannya secara mandiri akan mengeluh untuk tidak bisa. Hal tersebut sangat wajar sekali karena memang sejak lahir anak terbiasa dengan semua bantuan dari orang tuanya.
    Untuk makan, minum, dan mandi semuanya dilakukan oleh orang tuanya karena memang anak masih belum bisa mengerjakan apa-apa. Jadi anak selalu terbiasa dengan bantuan orang tua, namun seiring dengan pertumbuhan sudah waktunya mereka menjadi mandiri.
    Meskipun sulit namun semua itu membutuhkan pembiasaan. Jadi ketika anak berusaha mandiri dan meminta bantuan tanpa berusaha lebih dulu maka hendaknya jangan langsung membantu melainkan memberikan dukungan dan semangat agar bisa melakukan sendiri.
  3. Memberi Penjelasan, Terkadang anak lebih memilih hal yang disukainya meskipun hal tersebut adalah buruk daripada pilihan orang tuanya yang secara jelas lebih baik. Sebagai orang tua, kita harus memberikan penjelasan yang mudah diterima oleh anak mengapa harus memilih hal yang baik tersebut namun tetap memberikan kebebasan pada anak ketika anak tersebut melakukan pilihannya.
  4. Ajak Komunikasi, Berilah ruang kepada anak untuk mengemukakan pendapatnya tentang suatu hal. Kegiatan ini akan memberikan efek yang baik bagi perkembangan anak termasuk dalam hal kemandiriannya.

Demikianlah beberapa tips cara sederhana mendidik dan membentuk anak mandiri usia 5-12 tahun. Semoga sedikit membantu bagi orang tua maupun calon orang tua dalam mendidik anak.